Raja Thailand Tanggung Biaya Pemakaman Korban Penembakan

CNN Indonesia | Selasa, 11/02/2020 09:12 WIB
Raja Thailand Tanggung Biaya Pemakaman Korban Penembakan Evakuasi korban penembakan di Thailand. Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn, menanggung biaya pemakaman seluruh korban meninggal peristiwa penembakan. (AP Photo/Wason Wanichakorn)
Jakarta, CNN Indonesia -- Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn, dan Ratu Suthida Bajrasudhabimalalakshana, dilaporkan akan menanggung penuh biaya dan proses pemakaman seluruh korban meninggal dalam peristiwa penembakan di pusat perbelanjaan Terminal 21, Korat, Nakhon Ratchasima, yang terjadi pada akhir pekan lalu. Sebanyak 29 orang dilaporkan meninggal dalam peristiwa tersebut.

Pernyataan itu disampaikan Perdana Menteri Prayuth Chan ocha yang membacakan surat dari Vajiralongkorn yang bergelar Rama X. Di dalam surat itu, raja dan ratu Thailand menyatakan turut prihatin dan berbela sungkawa terhadap para korban meninggal dan luka-luka dalam kejadian tersebut.


"Raja dan ratu menawarkan kepada seluruh korban untuk proses pemakaman akan dibantu sepenuhnya oleh kerajaan, termasuk mengadakan sesi doa bersama dan kremasi," kata Prayuth saat membacakan surat itu, seperti dilansir Associated Press, Selasa (12/2).


Prayuth mengatakan Kerajaan Thailand juga akan mengirim perwakilan untuk mengunjungi keluarga korban meninggal dan luka-luka.

[Gambas:Video CNN]

Kerajaan Thailand juga dilaporkan akan menyediakan dapur umum untuk menjamin ketersediaan logistik bagi tim forensik dan pesuruh sampai tugas mereka selesai.

Penembakan sejak Sabtu (8/2) sampai Minggu (9/2) kemarin turut menewaskan pelaku yang merupakan seorang tentara, Serma Jakraphanth Thomma. Pemicu kejadian itu diduga adalah sengketa lahan atau rumah antara Jakraphanth dan atasannya, Kolonel Anantarote Krasae.


Aksi baku tembak terus terjadi hingga Minggu pagi. Pada pukul 09.30, operasi dihentikan dan aparat menyatakan mereka terpaksa menembak mati Jakraphanth. (ayp/ayp)