Puluhan Warga Nigeria Hendak Berdagang Tewas Diserang

CNN Indonesia | Selasa, 11/02/2020 10:34 WIB
Puluhan Warga Nigeria Hendak Berdagang Tewas Diserang Ilustrasi aparat keamanan Nigeria. Puluhan orang, termasuk seorang ibu hamil, di Nigeria meninggal diserang diduga oleh kelompok Boko Haram. (Kola SULAIMON / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebanyak 30 orang, termasuk seorang ibu hamil, di Nigeria meninggal dalam serangan yang diduga dilakukan oleh kelompok milisi Boko Haram. Kendaraan iring-iringan para penduduk yang membawa sejumlah barang untuk dijual di pasar itu dibakar ketika mereka sedang tidur di dalamnya.

Seperti dilansir CNN, Selasa (12/2), insiden itu terjadi di Desa Auno, sekitar 20 kilometer dari Ibu Kota Maiduguri, Negara Bagian Borno, pada Minggu pekan lalu pukul 22.00 waktu setempat.


Menurut staf khusus gubernur Borno, Isa Gusau, 18 kendaraan yang membawa bahan makanan yang hendak dijual di pasar dibakar oleh sekelompok orang.


Seorang saksi yang merupakan warga setempat, Shehu Tanko, menyatakan melihat jasad seorang ibu hamil tergeletak di lokasi kejadian.

"Mereka membakar semuanya, kami masih mencari korban lain," kata Tanko.

[Gambas:Video CNN]

Sampai saat ini memang belum ada satu pun pihak yang menyatakan bertanggung jawab terkait kejadian tersebut. Namun, kelompok bersenjata Boko Haram masih aktif dan bersembunyi di daerah pedalaman, meski pemerintah Nigeria beberapa kali mengklaim berhasil mengalahkan mereka.

Aksi kelompok Boko Haram membuat sekitar puluhan ribu orang mengungsi. Sampai saat ini 112 orang siswi dari Chibok yang diculik kelompok tersebut enam tahun lalu belum ditemukan.


Borno menjadi lokasi persembunyian utama kelompok Boko Haram dan Negara Islam di Afrika Barat (ISWA). Konflik bersenjata di daerah itu telah berlangsung selama satu dekade. (ayp/ayp)


ARTIKEL TERKAIT