Jepang Umumkan Kematian Pertama Orang Terjangkit Virus Corona

CNN Indonesia | Kamis, 13/02/2020 19:35 WIB
Jepang Umumkan Kematian Pertama Orang Terjangkit Virus Corona Jepang mengumumkan kematian pertama orang terpapar virus corona. (Chinatopix via AP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Jepang mengumumkan kematian pertama orang yang terpapar virus corona, Kamis (13/2).

Menteri Kesehatan Jepang Katsunobu Kato mengatakan korban meninggal merupakan wanita berusia 80-an. "Ini adalah kematian pertama seseorang yang positif virus corna."


Namun, dia tidak dapat memastikan apakah virus itu yang menyebabkan kematian wanita tersebut. "Hubungan antara virus corona dan kematian tersebut masih belum jelas," kata Katsunobu Kato seperti dikutip dari AFP.


Dia mengatakan wanita itu tinggal di prefektur Kanagawa, dan mengalami gejala pada 22 Januari, kemudian dirawat di rumah sakit pada 1 Februari.

"Dia dicurigai terinfeksi virus corona sehingga dilakukan pengujian. Hasil tes positif dikonfirmasi setelah kematian," katanya.

Jumlah korban virus corona terus meningkat meski sejumlah langkah penanganan dan pencegahan telah dilakukan. Termasuk mengisolasi Provinsi Hubei, China, khususnya Wuhan yang merupakan tempat asal virus corona. Diyakini virus itu berasal dari binatang yang dijual di pasar setempat.

[Gambas:Video CNN]

Hingga saat ini korban meninggal akibat terinfeksi virus corona (COVID-19) di seluruh dunia melonjak menjadi 1.357 orang. Angka itu didapat setelah lembaga kesehatan di Provinsi Hubei, China mengoreksi jumlah penduduk yang meninggal akibat tertular virus itu pada Rabu (12/2) kemarin mencapai 242 orang.

Akibat lonjakan tersebut total orang yang meninggal akibat virus corona khusus di China hari ini mencapai 1.356. Satu korban meninggal berada di Filipina.


Sementara itu jumlah penduduk di seluruh dunia yang terjangkit virus corona pada hari ini berjumlah 60.015 orang.

Kebanyakan kasus di luar China melibatkan orang-orang yang pernah berada di Wuhan, atau terinfeksi oleh orang lain yang pernah berada di sana. (dea)