Belgia akan Pulangkan 42 Anak dari Kamp di Suriah

CNN Indonesia | Jumat, 14/02/2020 07:45 WIB
Belgia akan Pulangkan 42 Anak dari Kamp di Suriah Ilustrasi anak-anak anggota ISIS. (Foto: Dok. Youtube)
Jakarta, CNN Indonesia -- Belgia berencana memulangkan anak penglikut ISIS yang saat ini berada di kamp pengungsian di Suriah. Diplomat Belgia mengatakan pihaknya memberikan persetujuan bagi ibu mereka terkait rencana pemulangan tersebut.

Pembantu Menteri Luar Negeri Belgia, Philippe Goffin mengatakan pihaknya mengidentifikasi ada 42 anak anggota ISIS di dua kamp di timur laut Suriah

Sekitar 30 anak dan 13 ibu berada di kamp Al-Hol. Sementara 12 anak dan 10 ibu lainnya berada di kamp Al-Roj. Kedua kamp tersebut berada di timur laut Suriah.


"Jelas para ibu harus setuju [dengan rencana pemulangan ke-42 anak]," kata Goffin ketika berbicara di sela pertemuan di PBB.

Suku Kurdi yang mengontrol kamp-kamp di sana dilaporkan telah mengetahui rencana Brussel untuk memulangkan anak-anak jihadis warga Belgia.

[Gambas:Video CNN]

Ia mengatakan sebelumnya telah mengunjungi sebuah kamp pengungsi Suriah di Yordania. Menurutnya, kondisi kamp di Yordania tidak seburuk dan 'mengerikan' dibandingkan kamp di Suriah.

"Apa yang saya lihat di Yordania rasanya [kondisi di sana] sudah tak tertahankan. Saya diberitahu bahwa apa yang terjadi di Suriah tidak sebanding dan jauh lebih buruk dari itu," ujarnya seperti dilansir AFP

Goffin mengatakan rencana pemulangan anak-anak jihadis ISIS asal Belgia berdasarkan hukum internasional. Ia juga mengatakan opsi itu sebagai solusi ideal untuk membawa anak-anak dari daerah konflik.

Kendati demikian, Goffin tidak mengungkapkan kapan jadwal pemulangan akan dilakukan. Ia hanya menyebut Belgia akan bekerja sama dengan negara tentang seperti Prancis untuk memulangkan warganya dari kamp di Suriah.

Belgia akan Pulangkan 42 Anak Jihadis ISIS di Suriah(CNNIndonesia/Fajrian)
(AFP/evn)