Eks Pejabat Rusia Bunuh Diri di Ruang Sidang Usai Vonis

CNN Indonesia | Jumat, 14/02/2020 10:18 WIB
Eks Pejabat Rusia Bunuh Diri di Ruang Sidang Usai Vonis Mantan pejabat Rusia, Viktor Sviridov, tewas bunuh diri usai pembacaan vonis di pengadilan. (Ilustrasi/Istockphoto/aradaphotography)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang mantan pejabat dinas lembaga pemasyarakatan Rusia, Viktor Sviridov, tewas akibat bunuh diri di pengadilan. Insiden itu terjadi selepas hakim membacakan vonis tiga tahun penjara dan menyatakan Sviridov bersalah akibat memeras bawahannya.

"Setelah amar putusan dibacakan, Sviridov bunuh diri. Dia tewas di tempat," kata seorang paramedis seperti dilansir CNN, Jumat (14/2).


Insiden itu terjadi di Pengadilan Distrik Chertanovsky, Moskow, pada Rabu lalu.


Mantan kepala Departemen Transportasi Dinas Lembaga Pemasyarakatan Rusia itu langsung mencabut pistol yang disembunyikan, dan menembak kepalanya di kursi terdakwa.

Lelaki berusia 71 tahun itu terbukti memeras Wakil Direktur Lapas, Alexander Sapozhnikov, sebesar 10 juta Ruble (sekitar Rp2,1 miliar).

[Gambas:Video CNN]

Kuasa hukum terdakwa, Alexander Kotelnitsky, menyatakan kliennya mengidap kanker stadium IV. Namun, ketika menjalani sidang vonis saat itu dia terlihat tenang.

Sejak diadili, aparat Rusia mencegah Sviridov bepergian. Saat ini aparat masih menyelidiki cara lelaki itu bisa membawa pistol hingga ruang sidang, dan tidak terdeteksi. Padahal, pemindai logam di pengadilan dilaporkan dalam kondisi baik.
Eks Pejabat Rusia Bunuh Diri di Ruang Sidang Usai Vonis(CNN Indonesia/Fajrian)
(ayp/ayp)


ARTIKEL TERKAIT