Penumpang Kapal Pesiar Positif Virus Corona Jadi 355 Orang

CNN Indonesia | Minggu, 16/02/2020 11:25 WIB
Penumpang Kapal Pesiar Positif Virus Corona Jadi 355 Orang Jumlah penumpang kapal pesiar di Jepang yang terinfeksi virus corona bertambah 70 orang menjadi 355 orang. Ilustrasi. (Hiroko Harima/Kyodo News via AP).
Jakarta, CNN Indonesia -- Jumlah penumpang kapal pesiar terinfeksi virus corona yang dikarantina di Jepang terus bertambah. Menteri Kesehatan Jepang Katsunobu Kato menerangkan jumlah orang yang positif terjangkit virus corona atau COVID-19 meningkat 70 orang menjadi 355 orang.

"Sejauh ini kami telah melakukan tes untuk 1.219 orang. Dari jumlah tersebut, 355 orang dinyatakan positif, sedangkan 73 orang tidak menunjukkan gejala," ujar Kato dikutip AFP, Minggu (16/2).

Angka baru orang terinfeksi virus corona mencuat tepat ketika Amerika Serikat (AS) sedang bersiap mengevakuasi beberapa warganya dari Putri Intan, yang telah dikarantina sejak 5 Februari lalu di Pelabuhan Yokohama, dekat Tokyo.


Kedutaan AS dalam surat kepada penumpang kapal pesiar menuturkan tingginya jumlah kasus COVID-19 yang telah diidentifikasi membuat penumpang dan awak di atas kapal berisiko tinggi terpapar.

Kedutaan AS merekomendasikan warganya untuk meninggalkan kawasan dan kembali ke AS dan dikarantina ulang selama 14 hari di AS. Pesawat sewaan dipastikan akan datang menjemput warga AS.

Pesawat sewaan itu mendarat di Jepang pada Minggu (16/2), namun belum dapat diperkirakan kapan akan bertolak ke pangkalan udara militer Travis Air Force di California, AS. Sebagian penumpang akan melanjutkan penerbangan kedua di pangkalan militer Texas.

Stasiun televisi Jepang, NHK, melaporkan setidaknya terdapat 400 warga AS di kapal tersebut.

Sebelumnya dikabarkan 285 penumpang kapal pesiar Diamond Princess yang terjangkit virus corona akan dikarantina hingga 19 Februari nanti. Meskipun, banyak penumpang dan kru yang belum selesai melakukan tes infeksi virus.

[Gambas:Video CNN]


(AFP/bir)