Badai Dennis Hantam Inggris, Dua Tewas Terseret ke Laut

CNN Indonesia | Minggu, 16/02/2020 22:28 WIB
Badai Dennis Hantam Inggris, Dua Tewas Terseret ke Laut Ilustrasi. Badai Dennis kembali hantam Inggris setelah pekan sebelumnya dihantam badai Ciara. (AP Photo/Joan Mateu)
Jakarta, CNN Indonesia -- Badai Dennis menghantam Inggris pada Minggu (16/2). Tercatat angin kencang hingga kecepatan 150 km/jam menghantam Aberdaron, di selatan Wales. Badai telah menghantam kawasan ini sejak Sabtu (15/2) dan menyebabkan dua korban tewas.

Dua korban tersebut telah ditarik dari laut lepas di pantai Inggris selatan oleh pihak militer Inggris. Salah satu dari jenazah itu diduga telah masuk dalam pencarian orang hilang setelah sebuah kapal tanker LPG melaporkan salah satu kru mereka hilang.

Selain itu badai ini juga menyebabkan maskapai British Airways dan easyJet melakukan larangan terbang pada pesawat-pesawat mereka.

Pemerintah setempat pun langsung mengerahkan petugas untuk menangani banjir besar dan angin kencang akibat badai tersebut.


Mengutip AFP, Badan Cuaca setempat telah mengeluarkan peringatan 'merah' untuk badai Dennis. Tanda menunjukkan kalau badai ini sudah mengancam jiwa dan jarang dikeluarkan sebelumnya.

Setidaknya, ada 200 peringatan banjir yang dikeluarkan oleh pemerintah Inggris pada Minggu pagi. Peringatan itu berlaku dari Sungai Tweed Skotlandia ke Cornwall di Inggris barat daya.

Kementerian Pertahanan sebelumnya telah mengerahkan pasukan militer Inggris di Yorkshire Barat, Inggris Utara. Ini adalah wilayah yang terkena dampak badai terparah akibat Badai Ciara akhir pekan lalu.

"Angkatan bersenjata kami selalu siap untuk mendukung pemerintah dan masyarakat setempat kapan pun mereka membutuhkannya," kata Menteri Pertahanan Ben Wallace.

[Gambas:Youtube]


(aud/eks)