Rusia Konfirmasi Satu Warga di Kapal Pesiar Positif Corona

CNN Indonesia | Selasa, 18/02/2020 04:05 WIB
Rusia Konfirmasi Satu Warga di Kapal Pesiar Positif Corona Rusia mengonfirmasi satu warganya penumpang kapal pesiar Diamond Princess positif virus corona. (Foto: (Kenzaburo Fukuhara/Kyodo News via AP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rusia mengonfirmasi salah satu warganya yang menjadi penumpang kapal pesiar Diamond Princess dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

Moskow mengatakan perempuan tersebut merupakan warga negara Rusia pertama yang mengidap virus corona.

Dilansir Associated Press, Kedutaan Besar Rusia di Jepang dalam unggahan Facebook mengatakan perempuan itu akan dipindahkan ke rumah sakit untuk mendapat perawatan.


Kendati demikian, tidak dijelaskan apakah yang dimaksud rumah sakit di Rusia atau Jepang.
Dua pasien virus corona

Sebelumnya pada Januari lalu Rusia mengonfirmasi dua kasus infeksi virus corona. Kedua pasien sempat dinyatakan sembuh dan diperbolehkan kembali ke rumah.

Namun belakangan pengadilan di Kota Saint Petersburg memerintahkan pasien tersebut untuk kembali dikarantina di rumah sakit.

Rumah Sakit Botkin menerima perintah pengadilan yang 'tidak biasa' untuk merawat kembali pasien atas nama Alla Illyina (33). Permintaan tersebut dikirim setelah Ilyina mengunggah foto saat telah keluar ari ruang isolasi ke akun media sosial.

Ia mengeluhkan makanan yang tidak bisa dimakan dan kekurangan kebutuhan sehari-hari.

Mengutip AFP, pengadilan lantas memutuskan untuk merawat inap paksa pasien. Petugas medis menggunakan ambulans untuk kembali mengantarkan pasien ke rumah sakit.
Ilyina dinyatakan positif virus corona setelah kembali dari resor di Hainan, China pada 1 Februari lalu. Tak lama setelah kembali ke Rusia, ia mengeluhkan demam dan sakit tenggorokan.

Dokter kemudian mendiagnosa Ilyina mengidap penyakit virus akut yang diduga sebagai corona.

Ia mendapat perawatan di ruang karantina selama 14 hari terhitung sejak 6 Februari lalu.

Hingga Senin (17/2) korban meninggal akibat virus corona mencapai 1.775, bertambah 105 dalam sehari. Kasus infeksi virus corona 71.319 di seluruh dunia, 70.548 diantaranya di China. (AP/evn)