Kilas Internasional

Direktur RS Wuhan Meninggal hingga 3 WNI Positif Virus Corona

CNN Indonesia | Rabu, 19/02/2020 06:45 WIB
Direktur RS Wuhan Meninggal hingga 3 WNI Positif Virus Corona Virus Corona di China. (Chinatopix via AP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah peristiwa terjadi di berbagai belahan dunia pada Selasa (18/2). Mulai dari Direktur rumah sakit di Wuhan meninggal akibat virus corona hingga tiga WNI di kapal pesiar di Jepang positif terinfeksi.

1. Direktur RS Wuhan Meninggal Usai Terinfeksi Virus Corona

Direktur rumah sakit di Wuhan dikabarkan meninggal dunia pada Selasa (18/2) akibat terinfeksi virus corona. Liu Zhiming merupakan direktur Rumah Sakit Wuchang di Wuhan.

Stasiun televisi CCTV melaporkan Liu berbagai upaya medis dilakukan sebelum akhirnya ia dinyatakan meninggal dunia.



Liu menjadi direktur rumah sakit pertama di China yang diketahui meninggal akibat infeksi corona.

Kabar kematian Liu pertama kali diunggah oleh media dan blogger China pada Selasa dini hari. Mengutip AFP, unggahan tersebut kemudian dihapus dan diganti dengan kabar bahwa dokter tengah berupaya menyelamatkan nyawa Liu.

2. Pukul Mundur Pemberontak, Militer Suriah Kuasai Aleppo

Pasukan Suriah dilaporkan berhasil merebut Provinsi Aleppo di wilayah barat laut yang sebelumnya dikuasai kelompok pemberontak. Presiden Suriah, Bashar al-Assad, menyatakan situasi tersebut membuat mereka semakin dekat dengan kemenangan setelah perang sipil berkecamuk di negara itu sejak 15 Maret 2011.


"Rakyat berhak untuk membebaskan seluruh wilayah Suriah," kata Assad dalam pidato yang disiarkan kantor berita SANA, seperti dikutip Associated Press, Selasa (18/2).

3. 3 WNI Kru Kapal Pesiar Jepang Positif Terinfeksi Virus Corona

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan tiga WNI di kapal pesiar Diamond Princess di perairan Yokohama, Jepang positif terinfeksi virus corona. Ketiganya merupakan bagian dari 78 WNI yang menjadi kru kapal pesiar Diamond Princess.

Ketiga WNI menambah kasus positif virus corona di kapal pesiar tersebut. Hingga Selasa (18/2) sebanyak 456 orang di kapal pesiar itu dinyatakan positif mengidap virus corona.

[Gambas:Video CNN]

"Berdasarkan komunikasi terakhir termasuk pembicaraan dengan dubes Jepang, diperoleh info bahwa tiga dari 78 kru WNI dinyatakan positif terinfeksi corona. 3 WNI tersebut adalah dari total 446 per saat ini yang dikonfirmasi positif," ujar Retno usai konferensi media di Jakarta, Selasa (18/2). (dea)