Kereta Anjlok Keluar Rel di Australia, Dua Orang Tewas

CNN Indonesia | Kamis, 20/02/2020 21:05 WIB
Kereta Anjlok Keluar Rel di Australia, Dua Orang Tewas Ilustrasi. Kereta anjlolk di jalur yang menghubungkan Sydney dan Melbourne, dua orang tewas. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah kecelakaan kereta yang menghubungkan Sydney dan Melbourne tergelincir pada Kamis (20/2) sekitar pukul 7.45 malam di negara bagian Victoria, Australia. Kereta diketahui datang dari arah kota Wallan, sekitar 45 kilometer Melbourne.

Tim medis yang membantu proses evakuasi mengatakan dua orang tewas dalam insiden tersebut.

Beberapa penumpang dievakuasi menggunakan helikopter ke rumah sakit di Melbourne untuk mendapt perawatan. Empat orang lainnya dibawa ke rumah sakit menggunakan ambulans dan kondisinya stabil.


"Sebagian besar orang mengalami luka-luka, tetapi kemungkinan bukan luka parah. Beberapa kerusakan terjadi di jalur kereta api," ungkap Keith Pakenham dari Pemadam Kebakaran Negara Bagian Victoria.

Seluruh penumpang yang dievakuasi diminta untuk berjalan ke stasiun BP McDonald's untuk mendapatkan perawatan medis.

"Mereka [penumpang] diminta berjalan ke stasiun BP McDonald's yang ditetapkan sebagai pusat pemeriksaan medis," ujar Pakenham.

Mengutip AFP, sejumlah konten yang diunggah penumpang ke media sosial menampakkan beberapa rangkaian gerbong kereta yang tergelincir keluar rel.

Media setempat melaporkan lebih dari dua puluh ambulans dikirim ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi korban.

Dalam sebuah pernyataan, Ambulance Victoria mengatakan sebagian besar penumpang hanya mengalami luka-luka ringan.

Operator kereta NSW TrainLink South mengatakan kereta yang tergelincir itu membawa 160 orang. Empat gerbong diketahui tergelincir dan lokomotif keluar dari jalur.

Insiden tersebut berimbas pada jadwal perjalanan kereta. Beberapa kereta dari dan menuju Melbourne terpaksa dibatalkan karena jalur dipakai untuk evakuasi rangkaian kereta. (AFP/evn)