Halau Corona, India Pindai Penumpang dari RI dan 9 Negara

CNN Indonesia | Senin, 24/02/2020 10:20 WIB
Halau Corona, India Pindai Penumpang dari RI dan 9 Negara Ilustrasi. India akan memindai kesehatan penumpang dari India dan 9 negara lain untuk menghalau penyebaran virus corona. (Foto: Hector RETAMAL / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Direktorat Jenderal Penerbangan Komersial India (DGCA) telah menerapkan kebijakan untuk memindai (screening) penumpang pesawat dari 10 negara, termasuk Indonesia. Hal itu dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) yang terus menyebar di sejumlah negara dunia.

Selain Indonesia, India telah lebih dulu menerapkan pemeriksaan kesehatan terhadap para penumpang pesawat yang berasal dari China, Hong Kong, Jepang, Korea Selatan, Thailand, dan Singapura.

Baru-baru ini, pemerintah India memutuskan untuk memperluas kebijakan pemindaian penumpang dari empat negara lainnya yakni Indonesia, Nepal, Vietnam, dan Malaysia.




"Pemindaian harus dilakukan sesegera mungkin ketika para penumpang tiba di beberapa lokasi di bandara. Para penumpang juga harus memiliki formulir deklarasi pribadi sebagai yang telah diinstruksikan oleh Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga India," bunyi pernyataan DCGA seperti dilansir dari Times of India pada Senin (24/2).

[Gambas:Video CNN]

DCGA memaparkan seluruh maskapai penerbangan yang melayani rute dari 10 negara tersebut menuju India juga harus memberitahukan dan mengingatkan para penumpangnya soal pemindaian sebelum tiba di bandara tujuan.

Sejauh ini, Bandara Internasional Mumbai dan beberapa bandara besar lainnya di India telah menerapkan kebijakan pemindaian ini sejak pekan lalu.

Per hari ini, korban meninggal akibat terinfeksi virus corona telah mencapai 2.465 jiwa di dunia. Korban terbanyak berada di China, terutama Provinsi Hubei yang menjadi sumber penyebaran epidemi itu.

Kasus kematian akibat corona juga telah terjadi di Korea Selatan, Jepang, Hong Kong, Filipina, dan Italia.

Sementara itu, virus corona sendiri telah menginfeksi lebih dari 79.930 orang di seluruh dunia, terutama di China. Mengutip Outlook India, kasus virus corona tercatat telah menginfeksi tiga orang di India. (rds/evn)