KILAS INTERNASIONAL

Korban Virus Corona 2.465 Jiwa hingga PM Mahathir Undur Diri

AFP, CNN Indonesia | Selasa, 25/02/2020 07:04 WIB
Korban Virus Corona 2.465 Jiwa hingga PM Mahathir Undur Diri Jumlah korban meninggal akibat wabah corona hingga Senin (24/2) mencapai 2.465 jiwa. (Foto: YONHAP / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kabar internasional diisi jumlah korban virus corona yang mencapai 2.465 jiwa di seluruh dunia hingga kabar pengunduran diri PM Malaysia Mahathir Muhamad pada Senin (24/2).

Korban Meninggal akibat Corona Mencapai 2.465 Jiwa

Korban meninggal karena wabah virus corona hingga Senin (24/2) di seluruh dunia mencapai 2.465 jiwa dengan 20 kematian diantaranya dilaporkan dari luar China daratan. Sementara kasus infeksi virus corona mencapai lebih dari 79.930.

Sejauh ini, lebih dari 1.700 dokter dan suster yang ikut merawat pasien dilaporkan terinfeksi corona, dengan 10 diantaranya dinyatakan meninggal dunia.


Selama akhir pekan, Korea Selatan mencatat lonjakan wabah penyebaran corona hingga melebihi 600 orang. Sekitar setengahnya merupakan jemaat gereja Shincheonji di kota Daegu.

Mengutip CNN, total kematian terbanyak di Asia sejauh ini berasal dari Italia dengan tiga korban jiwa dari 132 kasus. Sedangkan total kematian akibat Covid-19 di Iran tercatat delapan orang dari 43 kasus positif corona.

Xi Jinping Sebut Darurat Corona Terbesar dalam Sejarah China

Presiden China, Xi Jinping menyebut kasus virus corona menjadi darurat kesehatan terbesar dalam sejarah Republik Rakyat China. Epidemi virus ini terus meluas secara global hari demi hari.

Virus corona sejauh ini telah menewaskan lebih dari 2.400 orang, dengan sekitar 80.000 manusia terinfeksi secara global. Dari data itu China merupakan yang terparah karena memang awal mula penyebaran virus ini diduga berasal dari Wuhan, kota di China bagian tengah.

[Gambas:Video CNN]

Dikutip dari AFP, Senin (24/2), Xi menyebut, sejak RRC berdiri pada 1949, belum ada darurat kesehatan sebesar kasus virus corona ini.

"Ini krisis bagi kami dan ini adalah ujian besar," kata Xi, Minggu dalam sambutan yang disiarkan televisi pemerintah.

PM Mahathir Kirim Surat Pengunduran Diri Kepada Raja Malaysia

Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad dilaporkan mengirimkan surat pengunduran diri kepada Raja (Yang Dipertuan Agung) Malaysia, Abdullah, pada hari ini, Senin (24/2). Namun, sampai saat ini belum ada konfirmasi dari pihak Mahathir terkait informasi tersebut.

Pengunduran diri tersebut dikonfirmasi melalui akun Twitter resmi Mahathir Mohamad, @chedetofficial.

Dari pantauan Malaysiakini, para petinggi Partai Pribumi Bersatu Malaysia dilaporkan mendatangi kediaman Mahathir. Mahathir memimpin partai tersebut yang didirikan pada 7 September 2016 lalu.

Dalam laporan The Star, informasi pengunduran diri Mahathir muncul setelah Ketua Partai Keadilan Rakyat (PKR), Anwar Ibrahim, beserta istri yang juga Wakil Perdana Menteri Malaysia, Wan Azizah Wan Ismail, serta Menteri Keuangan sekaligus Ketua Partai Aksi Demokratis (DAP), Lim Guan Eng, datang ke Kantor Perdana Menteri di Putra Perdana untuk rapat pada pukul 09.26 waktu setempat.

Namun, mereka meninggalkan kantor tersebut pada pukul 10.25 waktu setempat, dan diduga menuju kediaman Mahathir di Mines, Kuala Lumpur. (evn/evn)