Saudi Izinkan 200 Jemaah RI yang Tiba Hari Ini Tetap Umrah

CNN Indonesia | Kamis, 27/02/2020 17:01 WIB
Saudi Izinkan 200 Jemaah RI yang Tiba Hari Ini Tetap Umrah Foto: CNN Indonesia/Bimo Wiwoho
Jakarta, CNN Indonesia -- Arab Saudi dilaporkan mengizinkan sedikitnya 200 jemaah umrah asal Indonesia yang tiba pada Kamis (27/2) pagi untuk tetap melanjutkan kegiatan berziarah ke Mekkah dan Madinah.

Dari hasil pemantauan KJRI Jeddah, ratusan jemaah umrah itu telah mendarat di Bandara Internasional King Abdulaziz menggunakan maskapai Saudi Airlines pada Kamis pagi pukul 07.25 waktu Saudi.

"Sejauh pemantauan KJRI Jeddah, jemaah asal Indonesia yang saat ini sedang berada di wilayah Arab Saudi masih bisa melanjutkan kegiatan ibadah seperti biasa yakni umrah dan ziarah ke Madinah," bunyi pernyataan KJRI Jeddah yang diterima CNNIndonesia.com.



KJRI Jeddah menuturkan bagi jemaah Indonesia yang sudah terlanjur mendarat di Saudi masih memperoleh layanan dan fasilitas umrah sesuai prosedur.

Meski begitu, KJRI Jeddah belum bisa mengonfirmasi bagaimana nasib bagi jemaah Indonesia yang saat ini masih dalam penerbangan menuju Saudi.

Sejauh ini, KBRI untuk Uni Emirat Arab menuturkan ada sekitar 83 jemaah umrah Indonesia yang tertahan di Bandara Abu Dhabi. Puluhan jemaah itu terdiri dari kelompok biro perjalanan umrah Travel Aryati sebanyak 52 orang dan Travel Umrah PT Andiarta Wisata sebanyak 31 orang.

[Gambas:Video CNN]

Selain di Abu Dhabi, sekitar 30 jemaah umrah Indonesia juga tertahan di Bandara Dubai akibat larangan ziarah yang yang diterapkan pemerintah Saudi per hari ini.

Warga Indonesia menjadi salah satu warga negara yang terkena imbas aturan penangguhan visa umrah untuk sementara waktu oleh pemerintah Saudi.


Aturan itu diterapkan Saudi di tengah penyebaran virus corona yang terus melonjak, terutama di kawasan di Timur Tengah.

Aturan penangguhan umrah diberlakukan Kerajaan Arab Saudi sejak Kamis dini hari. Dalam rilisnya, Kementerian Luar Negeri Saudi menuturkan akan melarang sementara warga asing yang ingin masuk ke negaranya dalam rangka ibadah umrah dan mengunjungi Masjid Nabawi di Madinah.


Selain berhenti mengeluarkan visa umrah, Saudi juga menyetop pemberian visa wisata bagi wisatawan asing yang berasal dari negara-negara yang memiliki kasus virus corona. (rds/dea)