Antisipasi Virus Corona, RI Buka Pos untuk WNI di Korsel

CNN Indonesia | Kamis, 27/02/2020 21:06 WIB
Antisipasi Virus Corona, RI Buka Pos untuk WNI di Korsel Kementerian Luar Negeri RI membuka pos Alternatif Jalur Utama (AJU) bagi WNI di Korea Selatan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. (Im Hwa-young/Yonhap via AP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Luar Negeri RI membuka pos Alternatif Jalur Utama (AJU) bagi WNI di Korea Selatan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

Pos AJU itu berlokasi 53 kilometer dari kota Daegu, yang menjadi pusat penyebaran virus corona di Korsel. 

"Di Korea Selatan, tim kita yang ada di Seoul sudah membuka pos AJU. Letaknya sekitar 53 kilometer dari Daegu," ujar Menteri Luar Negeri Retno L Marsudi saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (27/2). 


Pos AJU umumnya merupakan pos terdekat dengan kawasan berbahaya dan ada di titik strategis untuk memudahkan proses evakuasi. Retno mengatakan, pos itu nantinya akan digunakan untuk mengantisipasi persebaran virus corona bagi WNI yang tinggal di Daegu. Total ada 1.017 kasus yang dikonfirmasi di Daegu.


[Gambas:Video CNN]

"Kota tersebut semakin harus menjadi perhatian karena jumlah warga negara di wilayah tersebut cukup banyak," katanya. 

Jumlah orang yang terinfeksi virus corona di Korsel terus melonjak hingga mencapai 1.595 kasus per Kamis pagi. Korban meninggal akibat corona di Korsel mencapai tujuh orang.

Angka itu bertambah setelah Korea Selatan melaporkan 334 kasus baru. Sejauh ini Korsel menjadi negara kedua dengan kasus virus corona terbanyak setelah China. (psp/dea)