Warga Belanda Positif Virus Corona Usai Pulang dari Italia

CNN Indonesia | Jumat, 28/02/2020 07:28 WIB
Warga Belanda Positif Virus Corona Usai Pulang dari Italia Warga Belanda terinfeksi virus corona setelah melakukan perjalanan ke Italia. (Chinatopix via AP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Warga Belanda terinfeksi virus corona setelah melakukan perjalanan ke Italia. Pasien itu menjadi kasus pertama virus corona yang dikonfirmasi di Belanda, Kamis (27/2).

Lembaga Kesehatan Nasional Belanda menyebut pria itu baru saja pulang dari Lombardy, kota dengan kasus corona terbanyak di Italia.


Institut Nasional untuk Kesehatan Masyarakat dan Lingkungan (RIVM) mengatakan pasien itu kini dirawat di sebuah rumah sakit di Tilburg.


"Saya melakukan kontak langsung dengan (Menteri Kesehatan) Bruno Bruins, antara lain, mengenai langkah-langkah yang diambil untuk mempersiapkan negara kita untuk menghadapi masalah ini," kata Perdana Menteri Mark Rutte lewat Twitter seperti dikutip dari AFP. Dia berharap pasien tersebut segera pulih.

[Gambas:Video CNN]

Orang-orang yang pernah melakukan kontak dengan pria itu juga telah dites. Untuk menekan penyebaran virus corona, Badan Kesehatan Masyarakat meminta semua warga untuk berhati-hati.

Italia kini menjadi negara episentrum wabah virus corona di Eropa dengan data terakhir 525 orang terinfeksi, dan 12 meninggal. Beberapa kota di wilayah utara Italia juga diisolasi.


Sebagian besar kasus corona terjadi di Lombardy yang tak jauh dari Milan, Ibu Kota wilayah itu sekaligus pusat pariwisata dan dunia fesyen Italia.

Sekitar 100 ribu warga di utara Italia, tepatnya Lombardy dan Veneto, menghadapi batasan untuk berpergian untuk sementara waktu dan larangan lainnya.


Meski begitu, hingga kini Italia belum mengidentifikasi lokasi yang menjadi tempat kasus pertama virus corona terkonfirmasi di negara itu. Italia menjadi negara dengan kasus virus corona terbanyak di luar China dan benua Asia. (dea)