Korban Meninggal akibat Virus Corona Naik Jadi 2.858 Orang

CNN Indonesia | Jumat, 28/02/2020 08:10 WIB
Korban Meninggal akibat Virus Corona Naik Jadi 2.858 Orang Korban meninggal akibat terinfeksi virus corona di seluruh dunia hingga hari ini, Jumat (28/2) mencapai 2.858 orang (Chinatopix via AP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Korban meninggal akibat terinfeksi virus corona di seluruh dunia hingga hari ini, Jumat (28/2) mencapai 2.858 orang.

Sebagian besar korban merupakan warga China, khususnya di Wuhan, Provinsi Hubei yang menjadi pusat penyebaran virus corona.

Komisi Kesehatan Nasional mengatakan jumlah korban meninggal di China daratan mencapai 2.788 orang.



Dikutip dari AFP, China melaporkan 44 kematian baru dengan 327 kasus baru yang terinfeksi. Angka harian kasus ini dianggap yang terendah dalam sebulan.

Sementara itu berdasarkan data yang diperoleh dari situs pelaporan online worldometers.info, korban meninggal di luar China sebanyak 70 orang yang tersebar di delapan negara. Iran menjadi negara dengan korban meninggal terbanyak setelah China dengan 26 orang dan 245 kasus.

[Gambas:Video CNN]

Kemudian Italia dengan korban meninggal 17 orang dan 655 kasus, Korea Selatan 13 korban meninggal dan 1.766 kasus. Setelah itu Jepang 4 korban meninggal dan 4 penumpang kapal pesiar Diamond Princess. Hong Kong dan Prancis masing-masing 2 orang meninggal. Lalu Taiwan dan Filipina juga korban meninggal 1 orang.

Virus corona mulai merebak sejak akhir 2019 di Kota Wuhan. Diduga virus itu berasal dari hewan lalu menular kepada manusia. Virus itu kemudian menyebar ke penjuru negeri dan bahkan lintas negara.


Virus mematikan itu juga berdampak pada dihentikannya umrah oleh Arab Saudi. Pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara izin visa umrah untuk menekan penyebaran virus corona.

Saudi melarang sementara warga negara asing yang ingin masuk ke negara dalam rangka ibadah umrah dan mengunjungi Masjid Nabawi di Madinah. Indonesia termasuk salah satu negara yang terkena larangan Saudi tersebut.


Selain berhenti mengeluarkan visa umrah, Saudi juga menyetop pemberian visa wisata bagi wisatawan asing yang berasal dari negara-negara yang memiliki kasus virus corona. (dea)