Trump Klaim Ancaman Virus Corona di AS Minim

CNN Indonesia | Sabtu, 29/02/2020 05:20 WIB
Trump Klaim Ancaman Virus Corona di AS Minim Presiden AS, Donald Trump, mengklaim ancaman wabah virus corona terhadap warga AS rendah karena mereka cepat bertindak. (AFP PHOTO / MANDEL NGAN)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mengklaim ancaman wabah virus corona (covid-19) terhadap warga AS sangat rendah.

Trump mengatakan kondisi itu bisa terjadi karena pemerintahannya cepat mengambil tindakan pencegahan, salah satunya termasuk melarang kunjungan warga China.


"Karena seluruh keputusan yang kami ambil maka tingkat risiko (virus corona) terhadap warga Amerika sangat rendah," kata Trump, dalam jumpa pers di Washington, seperti dilansir Channel NewsAsia, Jumat (28/2).


Guna memerangi penyebaran virus corona, Trump mengajukan permintaan anggaran sebesar US$2.5 miliar (sekitar Rp35,2 triliun) kepada Kongres. Anggaran tersebut bakal digunakan untuk penelitian obat-obatan, vaksin serta peralatan perlindungan.

[Gambas:Video CNN]

"Kami sudah siap menghadapi dan mengambil segala tindakan yang diperlukan jika wabah itu menyebar," kata Trump.

Selain itu, Trump menunjuk wakilnya, Mike Pence, sebagai ketua satuan tugas pencegahan virus corona.

"Mike akan bekerja dengan para profesional, dokter dan semua orang yang berada dalam tim tersebut," ujar Trump.
Trump Klaim Tingkat Ancaman Virus Corona Minim(CNN Indonesia/Fajrian)
Sampai saat ini tercatat ada 60 kasus virus corona yang terjadi di AS. Belum ada satu orang pun di Negeri Paman Sam yang meninggal akibat terinfeksi virus tersebut. (ayp/ayp)