Trump Siap Bantu Iran Hadapi Penyebaran Virus Corona

tim, CNN Indonesia | Minggu, 01/03/2020 20:38 WIB
Presiden AS Donald Trump mengatakan siap membantu Iran untuk mengatasi penyebaran virus corona baru, jika mereka meminta bantuan. Presiden AS Donald Trump mengatakan siap membantu Iran untuk mengatasi penyebaran virus corona baru jika mereka meminta bantuan. (Nicholas Kamm / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden AS Donald Trump mengatakan siap membantu Iran untuk mengatasi penyebaran virus corona baru, jika mereka meminta bantuan.

"Jika kami bisa membantu Iran dengan masalah ini, kami tentu bersedia melakukannya. Yang harus dilakukan adalah meminta. Kami akan memiliki profesional hebat di sana," kata Trump saat Konferensi Aksi Politik Konservatif (CPAC) tahunan di dekat Washington, dikutip dari AFP.

Departemen Luar Negeri AS secara resmi mengatakan kepada Iran tentang kesediaan Amerika Serikat untuk membantu, namun AS tak menyebut bantuan apa yang akan diberikan. Pesan bantuan Trump ini dikirim melalui Swiss, yang mewakili kepentingan AS di Teheran.


Kementerian kesehatan Iran pada Sabtu (29/2) melaporkan sembilan orang lagi yang meninggal dunia akibat covid-19. Total kematian di Iran saat ini mencapai 43 orang.


Amerika Serikat tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Iran sejak 1980. Mereka menarik diri dari kesepakatan nuklir penting dengan negara itu dan menerapkan kembali sanksi yang melumpuhkan pada 2018.

Virus ini sudah menyerang 61 negara di seluruh dunia. Infeksi virus corona itu juga membuat WHO untuk meningkatkan penilaian risikonya ke level tertinggi.

Trump memberlakukan batasan baru pada siapa saja yang telah melakukan perjalanan dalam dua minggu terakhir ke Iran, dan mendesak warga Amerika untuk tidak mengunjungi negara-negara yang terdampak di Italia dan Korea Selatan. (chs)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK