Gara-gara Corona, Hampir 10 Ribu Jemaah WNI Gagal Umrah

CNN Indonesia
Senin, 02 Mar 2020 21:19 WIB
KJRI Jeddah mengungkapkan lebih dari 9.000 jemaah asal Indonesia gagal menjalankan ibadah umrah akibat kebijakan penangguhan visa oleh Arab Saudi. Ilustrasi jeamaah umrah tertahan di Bandara Soekarno Hatta. (CNN Indonesia/Dhio Faiz)
Jakarta, CNN Indonesia -- Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah mengungkapkan lebih dari 9.000 jemaah umrah asal Indonesia gagal menjalankan ibadah akibat kebijakan penangguhan visa oleh Arab Saudi.

Ribuan jemaah itu dipulangkan kembali ke Indonesia.

Pemerintah Arab Saudi mulai menerapkan kebijakan penangguhan visa umrah sementara sejak 27 Februari 2020. Kebijakan tersebut diterapkan di tengah merebaknya infeksi virus corona (Covid-19), yang hingga Senin (2/3) telah membunuh lebih dari 3.000 orang di seluruh dunia.



KJRI Jeddah menempatkan tim satuan tugas (satgas) di Bandara King Abdul Aziz Jeddah dan Bandara Prince Muhammad bin Abdulaziz Madinah untuk memantau proses kepulangan jemaah.

"Jumlah jemaah umrah asal Indonesia yang telah difasilitasi proses kepulangannya adalah 9.995 jamaah," kata KJRI Jeddah melalui keterangan resmi, Senin (2/3).

[Gambas:Video CNN]

KJRI Jeddah tidak membenarkan informasi terkait pemberian izin masuk jemaah ke Arab Saudi setelah tanggal 13 Maret 2020. Mereka menegaskan, Arab Saudi belum menyampaikan pengumuman resmi pencabutan kebijakan akses masuk jemaah umrah.

Beredarnya informasi terkait perizinan masuk tersebut sebetulnya merupakan pengumuman yang diberikan oleh Saudia Airlines. Pihak maskapai memberikan batas waktu pengembalian biaya (refund) tiket Saudia Airlines hingga 13 Maret 2020. Informasi ini, kata KJRI, sama sekali tak terkait dengan kebijakan penundaan sementara akses masuk jemaah umrah ke Arab Saudi.


Sementara, jemaah umrah yang telah tiba di Arab Saudi dapat menjalankan ibadah umrah dengan lancar. Diperkirakan masih terdapat 28.000 jemaah umrah asal Indonesia yang tengah menjalankan ibadah umrah.

Sebanyak 1.220 jemaah umrah asal Indonesia yang tertahan di Turki dan Jeddah telah dipulangkan pada Jumat (28/2). Seluruh jemaah itu dipulangkan ke Indonesia dengan Turkish Airlines (TK) secara bertahap. (ang/dea)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER