Argentina dan Cile Umumkan Kasus Pertama Virus Corona

CNN Indonesia | Rabu, 04/03/2020 03:21 WIB
Pasien yang terjangkit virus corona di Argentina diketahui telah melakukan perjalanan ke Italia dan sejumlah negara Eropa lainnya. Ilustrasi virus corona. (Dok. CDC/Dr. Fred Murphy via Wikimedia Commons)
Jakarta, CNN Indonesia -- Argentina dan Cile secara bersamaan mengonfirmasi kasus pertama virus corona (Covid-19) di negaranya, Selasa (3/3). Kedua negara mengatakan virus corona dibawa oleh seorang pasien yang baru saja kembali dari perjalanan.

Seorang pria Argentina berusia 43 tahun yang terinfeksi telah kembali dari Italia sementara seorang pria Chili berusia 33 tahun telah menghabiskan satu bulan di Asia Tenggara.

Dilansir AFP, Selasa (3/3), Menteri Kesehatan Gines Gonzalez Garcia mengatakan pasien Argentina itu telah diisolasi sejak melaporkan dirinya ke klinik kesehatan swasta.


"Kami telah mengidentifikasi kasus pertama. Ini adalah pasien yang datang dari Italia," kata dia.
Meski demikian, Garcia mengatakan sang pasien juga telah melakukan perjalanan di sekitar bagian lain Eropa.

"Kasus ini tidak rumit, kami siap mengatasinya," tegas dia.

[Gambas:Video CNN]

Sementara itu, Menteri Kesehatan Chili Jaime Manalich mengatakan seorang warganya positif Corona yakni pasien berusia 33 tahun di rumah sakit di kota Talca, sekitar 350 kilometer (220 mil) di selatan ibukota Santiago.

Di seluruh dunia, tercatat lebih dari 90 ribu kasus penyebaran virus corona, dengan jumlah korban meninggal lebih dari 3.117 orang. Sedangkan pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 47.995 orang, dengan 47.153 berasal dari China. (ain/ain)