KILAS INTERNASIONAL

RI Larang Masuk Turis 3 Negara sampai Keris Diponegoro

CNN Indonesia | Jumat, 06/03/2020 07:31 WIB
RI larang turis dari Italia, Iran dan Korea Selatan sampai penemuan keris Pangeran Diponegoro di Belanda. Ilustrasi. RI larang turis dari Italia, Iran dan Korea Selatan sampai penemuan keris Pangeran Diponegoro di Belanda. (AP Photo/Francisco Seco)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah peristiwa terjadi di berbagai belahan dunia pada Kamis (5/3) kemarin. Mulai dari RI larang turis dari Italia, Iran dan Korea Selatan sampai penemuan keris Pangeran Diponegoro di Belanda. CNNIndonesia.com merangkum sejumlah kejadian tersebut dalam kilas internasional.

1. RI Larang Masuk Turis dari Italia, Iran, dan Korsel

Pemerintah Indonesia memutuskan melarang turis dan pendatang masuk serta transit dari wilayah sumber penyebaran virus corona (Covid-19) di Iran, Italia, dan Korea Selatan.


Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menuturkan wilayah-wilayah yang dilarang itu meliputi Kota Qom, Teheran, dan Provinsi Gilan di Iran; wilayah Lombardy, Veneto, Emilia-Romagna, Marche, dan Piedmont di Italia; dan wilayah Daegu dan Provinsi Gyeongsang. Warga di kota lain selain yang disebutkan di atas tetap diizinkan masuk ke Indonesia namun harus mengantongi sertifikat sehat.

"Larangan masuk dan transit ke Indonesia bagi para pendatang atau travellers yang dalam 14 hari terakhir melakukan perjalanan di wilayah-wilayah tersebut," ucap Retno dalam jumpa pers di kantornya pada Kamis (5/3).

2. Teheran Kini jadi Titik Penyebaran Corona Terbanyak di Iran

Kementerian Kesehatan Iran melaporkan kasus virus corona (Covid-19) terbanyak saat ini berada di Ibu Kota Teheran dengan jumlah 1.296 orang.

Padahal sebelumnya Kota Qom menjadi daerah dengan penyebaran virus corona terbanyak di Iran. Sementara sebagian besar korban meninggal akibat virus corona bermula dari Kota Qom.

Data terkini menunjukkan dari 2.922 orang yang terinfeksi corona di Iran, hanya 354 kasus yang berasal dari Qom.

"Data dari Kemenkes Iran hingga kemarin (4/3) sore, terdapat 1.296 kasus Covid-19 di Teheran. Di Qom saat ini terdapat 354 kasus Covid-19," tulis pernyataan resmi dari KBRI untuk Iran kepada CNNIndonesia.com, Kamis (5/3).

3. Keris Pangeran Diponegoro Ditemukan di Belanda

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Ilmu Pengetahuan Belanda menyerahkan kembali keris milik Pangeran Diponegoro kepada Duta Besar Indonesia I Gusti Agung Wesaka Puja, setelah hilang ratusan tahun.

Keris itu rencananya akan disimpan di Monumen Nasional, Jakarta.

"Keris itu sangat penting bagi Indonesia. Diponegoro adalah pahlawan nasional kami. Atribut pangeran ini menyatakan statusnya," demikian keterangan Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Den Haag Fery Iswandy seperti dikutip The Guardian, Kamis (5/3). (ayp/ayp)