Kasus Virus Corona Turun, China Tutup 11 RS Darurat

CNN Indonesia
Senin, 09 Mar 2020 14:10 WIB
China menghentikan kegiatan 11 RS darurat virus corona di Kota Wuhan, Provinsi Hubei yang dibangun untuk menangani pasien Covid-19. China menghentikan kegiatan 11 RS darurat virus corona di Kota Wuhan, Provinsi Hubei yang dibangun untuk menangani pasien Covid-19. (Chinatopix via AP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah China mulai menghentikan kegiatan 11 rumah sakit darurat di pusat epidemi virus corona di Kota Wuhan, Provinsi Hubei yang dibangun untuk menangani pasien Covid-19.

Dilaporkan kantor berita Xinhua, pemerintah China menutup sejumlah rumah sakit darurat dari total 16 rumah sakit yang dibangun di fasilitas publik, seperti stadion dan sekolah, sejak Minggu (8/3) kemarin.


Penutupan tersebut dilakukan menyusul jumlah kasus virus corona di China yang semakin menurun.

Hingga Senin (9/3), Komisi Kesehatan Nasional China (NHC) melaporkan ada 40 kasus dan 21 kematian baru akibat virus corona. Jumlah tersebut merupakan yang terendah sejak pelaporan kasus pertamanya pada Januari lalu.

Sebagian besar kasus baru berasal dari Provinsi Hubei, tepatnya di lokasi pusat penyebaran wabah Wuhan. Namun, China juga melaporkan adanya satu kematian baru yang berasal dari luar Hubei

Tambahan korban meninggal tersebut menjadikan angka kematian akibat virus corona di China mencapai 3.119 orang. Sementara lebih dari 80.700 orang dinyatakan terinfeksi virus corona di sana.

Dua dari rumah sakit darurat yang baru ditutup memiliki kapasitas dua ribu pasien, yang masing-masing berada di gedung olahraga dan pabrik. Sebanyak 61 pasien yang terakhir dirawat di sana akhirnya diperbolehkan pulang akhir pekan lalu.

[Gambas:Video CNN]

Pemerintah Provinsi Hubei menyatakan total pasien yang sembuh di Kota Wuhan dan diperbolehkan keluar dari rumah sakit kini hampir mencapai 31 ribu orang.

Seorang pejabat senior pemerintah China mengungkapkan pemerintah juga akan segera mencabut kebijakan isolasi provinsi yang diberlakukan sejak akhir Januari lalu.

Kebijakan isolasi itu pun dinilai telah efektif membatasi pergerakan sekitar 56 juta orang di Hubei dan menurunkan kasus virus corona. Namun, ada empat kasus baru yang yang dibawa orang dari luar China.

Dengan demikian total kasus virus corona di China yang berasal dari luar China mencapai 67.

Peningkatan kasus ini dikhawatirkan akan memengaruhi kemajuan yang telah dibuat oleh negara tersebut dalam menangani infeksi virus corona. Sejumlah pemerintah daerah pun memberlakukan karantina bagi orang-orang yang baru bepergian dari negara-negara terdampak corona.
Kasus Virus Corona Turun, China Tutup 11 RS Darurat(CNN Indonesia/Fajrian)
Sampai hari ini, penyebaran global virus corona telah mencapai 110.041 kasus di lebih dari 100 negara dan wilayah, dengan 3.825 kematian. Sementara pasien yang dinyatakan sembuh yakni 61.982 orang. (ang/ayp)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER