FOTO: Perban Kehormatan Perawat Pasien Corona di Korsel

AFP PHOTO, CNN Indonesia | Senin, 16/03/2020 09:56 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Perban yang ada di wajah para perawat untuk mengobati luka akibat memakai pakaian pelindung selama berjam-jam saat menangani pasien virus corona (Covid-19).

Para perawat di Korea Selatan terlihat memakai perban di dahi, pipi, dan hidung saat mereka bertugas merawat para pasien virus corona (Covid-19). (Photo by Ed JONES / AFP)
Perban itu digunakan perawat sebelum memulai shit mereka di rumah sakit Keimyung University Daegu Dongsan. Perban itu seperti telah menjadi lencana kehormatan bagi mereka. (Photo by Ed JONES / AFP)
Para perawat memasang perban, plester, dan selotip di wajah mereka untuk melindung bagian wajah yang luka karena pakaian pelindung. Mereka bisa memakai pakaian pelindung sampai berjam-jam saat bertugas. (Photo by Ed JONES / AFP)
Tim perawat terdiri dari orang-orang yang bekerja penuh dan paruh waktu. Perban di wajah mewakili upaya mereka membantu para korban virus corona. (Photo by Ed JONES / AFP)
Mereka telah dipuji masyarakat atas upayanya. Salah satu poster berisi tulisan, “Kalian benar-benar pahlawan bagi saya. Saya sangat berterima kasih kepada Anda”. (Photo by Ed JONES / AFP)
Bukan hanya itu, ada pula yang mengirimkan dukungan melalui surat berisi tulisan “Seluruh negeri ada di belakang Anda” yang dituliskan ahli waris sambil mengirim termometer dan makanan ringan (Photo by Ed JONES / AFP)
Sekitar 200 perawat bekerja selama delapan jam per shift, hampir setengahnya merupakan sukarelawan. (Photo by Ed JONES / AFP)
Representatif rumah sakit, Jung Sang-min mengatakan butuh waktu sekitar setengah jam untuk memakai pakaian pelindung perawat. Dia juga bilang lebih banyak perawat yang mengenakan perban ketimbang dokter, hal itu menandakan perawat lebih banyak menghabiskan waktu dengan pasien. (Photo by Ed JONES / AFP)