60 WNI Terjebak di Kapal Pesiar Italia Terpapar Corona

CNN Indonesia | Jumat, 20/03/2020 19:18 WIB
Sebanyak 60 WNI terjebak di kapal pesiar Italia, Costa Luminosa, setelah beberapa penumpang dinyatakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19). Sebanyak 60 WNI terjebak di kapal pesiar Italia, Costa Luminosa, setelah beberapa penumpang dinyatakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebanyak 60 warga Indonesia terjebak di kapal pesiar Italia, Costa Luminosa, setelah beberapa penumpang dinyatakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19).

Duta Besar RI untuk Prancis, Arrmanatha Nasir, menuturkan puluhan WNI itu merupakan kru kapal pesiar tersebut.

"Pagi ini saya sudah bicara dengan salah satu kru WNI. Terdapat 60 kru WNI yang bekerja di kapal tersebut," ucap Arrmanatha melalui pernyataan yang diterima CNNIndonesia.com pada Jumat (20/3).



Costa Luminosa mulai berlabuh dari Fort Lauderdale, Amerika Serikat pada 5 Maret lalu dan dijadwalkan tiba di Venice, Italia, pada 25 Maret mendatang. Namun, kapal pesiar itu terdampar di perairan pelabuhan Marseilles, Prancis, setelah tiga penumpangnya dinyatakan positif Covid-19.

Dilansir The New York Times, kapal tersebut membawa 1.427 penumpang dan hampir 1.050 kru. Sejauh ini, selain beberapa penumpang yang sudah dinyatakan positif, ada 50 penumpang dan 24 kru kapal dikabarkan sakit. Puluhan kru sakit tersebut disebut tengah diisolasi

[Gambas:Video CNN]

Meski begitu, belum jelas apakah puluhan orang itu sakit karena terinfeksi Covid-19 atau bukan. Namun, melansir Miami Herald, perusahaan kapal, Costa Cruises, menuturkan ada lima orang dan dua kru kapal yang mengalami gejala Covid-19 seperti flu kemarin.

Arrmanatha menuturkan saat ini "sebagian besar WNI di kapal tersebut dalam keadaan baik". Ia mengatakan petugas kesehatan Marseille kemarin telah melakukan pemeriksaan ke atas kapal.
Foto: CNN Indonesia/Fajrian

"Belum ada informasi resmi terkait apakah ada kasus positif COVID-19. Sebagian penumpang yang memang sudah terencana melanjutkan perjalan pulang melalui pesawat dari Marseille kemarin telah turun dari kapal," kata Arrmanatha.

Saat ini, penumpang dan kru yang masih berada di atas kapal diminta untuk tetap berada di kamar masing-masing. Arrmanatha mengatakan Costa Luminosa diperkirakan akan menuju Savona, Italia, pada akhir pekan ini.
(rds/dea)