Dukung Korut Perangi Corona, Trump Surati Kim Jong-un

CNN Indonesia | Senin, 23/03/2020 18:41 WIB
Dukung Korut Perangi Corona, Trump Surati Kim Jong-un Presiden AS, Donald Trump mengirimkan surat kepada Pimpinan Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un di tengah penyebaran virus corona. (Foto: SAUL LOEB / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat, Donald Trump mengirimkan surat kepada Pimpinan Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un di tengah merebaknya penyebaran virus corona di seluruh dunia.


Dalam suratnya pada Minggu (22/3), Trump membeberkan rencana pemerintah AS untuk memerangi penyebaran Covid-19. Selain itu, ia juga memberikan tawaran bantuan bagi Korea Utara untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Dalam surat itu, dia (Trump) menjelaskan rencana untuk mendorong hubungan antara kedua negara Korea Utara dan AS dan mengatakan niat untuk kerja sama dalam mengembangkan anti-epidemi," jelas saudara perempuan Kim, Kim Yo Jong merujuk pada upaya pencegahan virus corona.


Mengutip kantor berita KNCA seperti dilansir AFP, Kim menambahkan, dalam suratnya Trump mengatakan terkesan dengan upaya yang dilakukan pemerintahan Korea Utara menghadapi ancaman serius pandemi.

"Ia (Trump) mengaku terkesan dengan upaya yang dilakukan oleh Ketua (Kim Jong-un) dalam membela rakyat dari ancaman serius epidemi," ujar Kim menambahkan.
Dukung Korut Perangi Corona, Trump Surati Kim Jong-unFoto: CNNIndonesia/Basith Subastian

Kim mengatakan langkah yang dilakukan Trump sebagai hubungan positif antara kedua negara. Ia berharap hubungan baik antara AS dan Korea Utara bisa terus berjalan.

"Kami berharap hubungan antara kedua negara sama baiknya dengan yang terjadi di antara kedua pimpinan, upaya ini tetap diperhatikan apakah bisa benar-benar terjadi," ujar Kim.

Pernyataan Trump ini disampaikan hanya berselang sehari setelah Kim melakukan uji coba dua rudal balistik jangka pendek.

Korea Utara hingga saat ini tidak membuka data penyebaran virus corona di negaranya. Sementara Amerika Serikat hingga Senin (23/3) mencatat 35.407 kasus Covid-19, bertambah 54 kasus baru. AS mencatat 461 pasien meninggal, 454 pasien dalam kondisi kritis, dan 35 lainnya sembuh. (AFP/evn)