FOTO: Pergulatan Prancis Lawan Virus Corona

AP, CNN Indonesia | Selasa, 24/03/2020 10:06 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Selain Italia dan Spanyol, Prancis juga menjadi salah satu negara di Eropa yang bergulat melawan wabah corona dengan lebih dari 19 ribu warganya terinfeksi.

Dokter dan ahli biologi Caroline Gutsmuth menerima panggilan di suatu laboraturium di Neuily-sur-sei, dekat Paris, Prancis. Laboraturium kesehatan itu membuka tes corona secara drive-thru. (AP Photo/Christophe Ena)
Seorang pria yang pingsan saat mengantre untuk tes corona dibawa oleh petugas. Saat ini pandemi corona telah menyebar ke 180 negara, dengan Prancis masuk ke dalam 10 negara jumlah terinfeksi terbanyak yaitu lebih dari 19 ribu orang. (AP Photo/Daniel Cole)
Seorang perawat memeriksa seorang pria yang pingsan saat menanti tes corona di Marseille. Bagi sebagian orang, virus ini hanya menyebabkan gejala ringan seperti batuk-batuk, tapi bagi yang lainnya bisa menyebabkan sakit parah hingga sesak napas. (AP Photo/Daniel Cole)
Seorang pasien Covid-19 dievakuasi dari rumah sakit umum di Mulhouse, Perancis, bagian timur. Saat ini wilayah timur Perancis menjadi pusat wabah dengan jumlah kematian tertinggi ketiga di Eropa setelah Italia dan Spanyol. (AP Photo/Jean-Francois Badias)
Hingga Selasa (24/3) ini, lebih dari 860 orang meninggal karena infeksi virus corona di Prancis. Semenara di seluruh dunia jumlahnya mencapai 16.500 kematian, dengan terbanyak di Italia. (AP Photo/Jean-Francois Badias)
Pandemi corona juga membuat Pemerintah Perancis sejak pekan lalu menerapkan lockdown (penutupan akses) secara nasional. Mereka yang melanggar aturan lockdown pun akan mendapat denda. (AP Photo/Jean-Francois Badias)
Salah satu upaya pemerintah Perancis dalam menangani corona ini adalah membangun rumah sakit kamp militer di Mulhouse. Wabah menyebabkan terjadi lonjakan jumlah pasien dalam satu waktu sehingga jumlah rumah sakit umum tak mencukupi. (AP Photo/Jean-Francois Badias)
Di dalam rumah sakit militer yang baru saja dibangun, para prajurit Perancis sedang berdiskusi. Selain dokter sipil, dokter militer juga dikerahkan untuk menangani wabah. (AP Photo/Jean-Francois Badias)
Pemerintah Perancis juga menerapkan sistem Morphee, yaitu mengerahkan pasukan dan kendaraan militer yang dilengkapi dengan peralatan kesehatan untuk menjemput dan menangani para pasien terinfeksi. Sebelumnya, sistem ini hanya digunakan untuk menjemput prajurit yang terluka di area perang. (AP Photo/Jean-Francois Badias)