Laos Catat Dua Kasus Virus Corona Pertama

CNN Indonesia | Selasa, 24/03/2020 18:44 WIB
Laos Catat Dua Kasus Virus Corona Pertama Laos mengonfirmasi dua kasus pertama virus corona. (Foto: ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid)
Jakarta, CNN Indonesia -- Laos mengonfirmasi dua kasus infeksi virus corona pertama pada Selasa (24/3). Wakil Menteri Kesehatan Laos, Phouthone Meuangpak mengatakan kedua pasien tersebut merupakan seorang pemandu wisata dan pekerja hotel.

Pemandu wisata yang merupakan perempuan berusia 28 tahun diketahui sempat memandu turis asal Eropa. Dengan kata lain, ia melakukan kontak dengan warga asing.

Sementara seorang pasien lainnya merupakan pria berusia 28 tahun yang bekerja di hotel Crowne Plaza Hotel, ibu kota Vientine. Ia diketahui sempat melakukan perjalanan ke luar negeri.


Kantor Berita Lao seperti mengutip CNN melaporkan kedua pasien tersebut saat ini telah mendapat perawatan medis di ibu kota Vientine.

Di hari yang sama, Myanmar mengonfirmasi kasus pandemi virus corona pertama yang terjadi pada seorang pria yang kembali dari Amerika Serikat dan satu lainnya baru kembali dari Inggris.

[Gambas:Video CNN]

Laos dan Myanmar menjadi negara terakhir di Asia Tenggara yang mengonfirmasi temuan kasus Covid-19. Kedua negara dihimpit oleh negara-negara yang telah memiliki kasus corona seperti Bangladesh, Thailand, dan Vietnam.

Pemerintah Myanmar sebelumnya kerap berdalih bahwa gaya hidup dan pola makan warga menjadi tameng yang kuat agar tak tertular virus corona.

Kendati demikian, kedua negara telah menutup area perbatasan darat, seluruh sekolah, dan mempersiapkan rumah sakit lengkap dengan fasilitas kesehatan pendukung jika sewaktu-waktu ada kasus corona terkonfirmasi.

Kementerian Kesehatan Laos mengklaim berkat bantuan WHO dan mitra lainnya, pemerintah telah "mengembangkan sistem kuat untuk mendeteksi dan merespons ancaman kesehatan.

Laos Catat Dua Kasus Virus Corona PertamaFoto: CNNIndonesia/Basith Subastian
(CNN/evn)