Spanyol Beli Keperluan Medis Rp7,5 T dari China untuk Corona

CNN Indonesia | Kamis, 26/03/2020 02:20 WIB
Spanyol Beli Keperluan Medis Rp7,5 T dari China untuk Corona Ilustrasi masker. (iStockphoto/mihalec)
Jakarta, CNN Indonesia -- Spanyol menandatangani kontrak bernilai 432 juta euro atau setara Rp7,5 triliun dengan China untuk membeli keperluan medis guna mencegah penyebaran virus corona.

Menteri Kesehatan Spanyol, Salvador Illa, mengatakan bahwa kesepakatan itu mencakup pembelian 550 juta masker, 5,5 juta paket rapid test, 950 alat bantu pernapasan, dan 11 juta pasang sarung tangan.

"Kami mendapatkan satu jaringan produksi (di China) yang akan bekerja khusus untuk pemerintah Spanyol," ujar Illa seperti dikutip AFP pada Rabu (25/3).
Illa mengatakan bahwa pasokan tersebut akan dikirimkan dalam jumlah banyak setiap minggu dengan pengiriman pertama pada akhir pekan ini.


Pemerintah melakukan pembelian ini setelah angka infeksi virus corona di Spanyol kian melejit hingga mencapai 47 ribu kasus.

Peningkatan ini membuat sistem medis Spanyol nyaris hancur karena lebih dari 5.400 pekerja bidang kesehatan terinfeksi virus corona, mencapai 12 persen dari keseluruhan kasus.

[Gambas:Video CNN]

Melihat kenyataan ini, rakyat Spanyol melontarkan kritik keras terhadap pemerintahan Perdana Menteri Pedro Sanchez.

Di tengah hujan kritik tersebut, Sanchez dan Presiden China, Xi Jinping, menandatangani kesepakatan pembelian pasokan medis tersebut pada pekan lalu. (has)