87 WNI di Luar Negeri Tertular Corona, Terbanyak di Singapura

CNN Indonesia | Kamis, 26/03/2020 16:05 WIB
87 WNI di Luar Negeri Tertular Corona, Terbanyak di Singapura Ilustrasi. Kemlu mencatat ada 87 WNI di luar negeri yang positif virus corona. (Foto: ANTARA FOTO/ARI BOWO SUCIPTO)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Luar Negeri RI menyatakan hingga Kamis (26/3) total ada 87 warga Indonesia yang tengah berada di luar negeri terinfeksi virus corona.

Kemlu RI mencatat di Singapura ada sekitar 25 WNI yang dinyatakan mengidap Covid-19. Sejauh ini, satu dari 25 WNI pasien corona ci Singapura dinyatakan sembuh. Sementara 21 lainnya dalam kondisi stabil, dua orang di bawah penanganan khusus dan satu lainnya dinyatakan meninggal.

Setelah Singapura, WNI di Malaysia juga menjadi yang terbanyak kedua terpapar virus corona. Sejauh ini ada 17 WNI di Negeri Jiran yang terinfeksi corona dan kondisinya dinyatakan stabil.


Sebagian WNI pasien corona di Malaysia merupakan peserta tablig akbar di Masjid Sri Petaling yang diselenggarakan pada 27 Februari hingga 1 Maret lalu.

Di India, ada 14 WNI yang dinyatakan positif Covid-19 per hari ini. Berdasarkan Badan Kesehatan Negara Bagian Tamil Nadu, India, keempat WNI dan seorang pemandunya dinyatakan terinfeksi virus corona telah berkunjung ke wilayah tersebut.

Mereka saat ini dikarantina di Rumah Sakit Sekolah Kedokteran Negeri Mohan Kumarangalam di Salem, India sejak 22 Maret lalu.

[Gambas:Video CNN]

Menurut sumber, empat WNI tersebut datang ke Salem melalui New Delhi dan Chennai. Mereka dilaporkan sudah singgah di sejumlah masjid selama perjalanan.

Aparat setempat saat ini sedang menelusuri dengan siapa saja mereka bertemu selama belum dinyatakan positif virus corona. Mereka juga mengatakan seluruh jemaah masjid yang disinggahi oleh kelima orang tersebut akan dikarantina, serta akan dilakukan penyemprotan disinfektan.



Selain India, ada tiga WNI di Taiwan, dua WNI di Australia, lima WNI di Arab Saudi, dua WNI di Belanda, tiga WNI di Spanyol, tiga WNI di Brunei Darussalam, dan masing-masing satu WNI di Makau, Qatar, Vatikan dan Jerman yang dinyatakan positif Covid-19.

Sejauh ini, Kemlu RI melalui perwakilan di setiap negara telah mengeluarkan imbauan bagi seluruh WNI di luar negeri terkait penyebaran Covid-19 dan dampaknya.

WNI diminta untuk terus memantau perkembangan berita penanganan Covid-19 di masing-masing negara, menjaga kebersihan, dan menaati aturan setempat demi menjaga keamanan dan keselamatan diri.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi juga telah mengimbau seluruh WNI yang tengah melakukan perjalanan singkat ke luar negeri untuk segera pulang demi menghindari hambatan bepergian. Sebab, sejumlah negara telah menerapkan pembatasan perjalanan bagi warga asing hingga penutupan perbatasan atau lockdown. (rds/evn)