Bantuan Medis Corona dari China Tiba di Indonesia

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 28/03/2020 21:50 WIB
Bantuan Medis Corona dari China Tiba di Indonesia Ilustrasi. (ANTARA FOTO/M N Kanwa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bantuan peralatan medis untuk menanggulangi pandemi virus corona (Covid-19) dari Pemerintah China untuk Indonesia telah tiba di Jakarta.

"Pada tanggal 28 Maret, bantuan peralatan medis untuk memerangi COVID-19 dari pemerintah Tiongkok kepada Indonesia telah berturut-turut tiba di Jakarta, ibukota Indonesia. Paket bantuan medis ini diberangkatkan dari Shanghai pada 24 Maret," demikian keterangan resmi yang dikutip dari situs Kedutaan Besar China untuk Indonesia di Jakarta, Sabtu (28/3).

Sejumlah pasokan medis tersebut terdiri dari alat tes corona, masker N95, masker bedah, pakaian pelindung medis, dan ventilator portabel. Nantinya paket itu digunakan untuk pencegahan dan pengendalian wabah Covid-19 di Indonesia melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Virus tidak memiliki belas kasihan, namun manusia mempunyainya. Sejak merebaknya wabah COVID-19, pemerintah dan rakyat Indonesia telah memberikan bantuan dan dukungan yang tulus kepada pihak Tiongkok pada saat yang paling sulit. Kami selamanya mengingat dan menghargai persahabatan ini," demikian tertulis dalam keterangan yang dipublikasi di laman resmi Kedutaan Besar China tersebut.


Dalam rilis itu disebutkan pemerintah dan rakyat China memiliki perasaan yang sama dengan apa yang dialami masyarakat Indonesia dalam memerangi wabah virus corona. Karena itu, pemerintah daerah, perusahaan, dan masyarakat China dengan aktif menawarkan bermacam-macam bantuan alat medis melalui berbagai saluran untuk mendukung Indonesia melawan pendemi.

Selain itu, pihak China juga mendukung dan memfasilitasi pembelian alat-alat medis oleh pemerintah dan perusahaan Indonesia di China.

Bantuan Medis Corona dari China Tiba di IndonesiaInsert Artikel - Waspada Virus Corona. (CNN Indonesia/Fajrian)


Dalam rilis itu disebutkan, China dan Indonesia adalah tetangga bersahabat senasib sepenanggungan. Kedua negara memiliki tradisi untuk saling membantu.

"Kami percaya bahwa melalui pengujian wabah ini, persahabatan antara kedua negara dan rakyatnya akan semakin erat. Rakyat Indonesia pasti dapat mengalahkan wabah ini di bawah kepemimpinan kuat Presiden Joko Widodo," demikian tertulis dalam keterangan tersebut.

Saat ini, jumlah pasien positif terinfeksi virus corona di Indonesia kembali mengalami peningkatan per Sabtu (28/3). Jumlah kasus positif corona di Indonesia hari ini mencapai 1.155 orang kasus. Sementara, korban meninggal dunia bertambah menjadi 102 orang, pasien sembuh 59 orang.

"Kasus positif masih berada di masyarakat. Kontak dekat masih terjadi," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto dalam keterangan persnya, Sabtu (28/3).

Dalam beberapa hari terakhir jumlah korban positif corona naik signifikan. Pada Jumat (27/3), pasien terkonfirmasi positif mencapai 1.046 kasus. Dari jumlah itu, korban meninggal mencapai 87 orang, dengan jumlah yang sembuh 46 orang.


[Gambas:Video CNN] (pmg)