WNI Positif Virus Corona Meninggal Dunia di Inggris

CNN Indonesia | Minggu, 29/03/2020 14:21 WIB
Selain 1 WNI positif corona wafat di Inggris, Kemenlu juga mengatakan WNI positif covid-19 di luar negeri bertambah jadi 113 orang. Ilustrasi virus corona. (ANTARA FOTO/ABRIAWAN ABHE)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Luar Negeri RI (Kemlu) menyatakan total terdapat 113 warga negara Indonesia (WNI) yang terjangkit Covid-19 akibat infeksi virus corona di luar negeri per Minggu (29/3). 

Angka itu meningkat dari sebelumnya, pada Sabtu (28/3), yakni hanya 109 WNI yang terjangkit virus corona. Selain itu, Kemenlu juga melaporkan adanya tambahan 1 WNI yang meninggal dunia imbas covid-19 di Inggris.

"Inggris, 1 WNI meninggal dunia," tulis Kemenlu lewat akun twitter @Kemlu_RI, Minggu (29/3).


Selain itu, Kemenlu melaporkan adanya tambahan 2 WNI yang terjangkit virus corona di Belanda.

Berdasarkan data Safe Travel Kemlu RI, Singapura menjadi lokasi terbanyak WNI yang terinfeksi Covid-19. Di negeri Singa itu kini bertambah 1 lagi WNI positif terinfeksi virus corona SARS-COV-2, sehingga total menjadi 32 WNI.


Sebanyak dua dari 32 WNI positif corona di Singapura dinyatakan sembuh, sementara dua orang dalam penanganan khusus, dan satu orang meninggal dunia. Sebanyak 26 WNI lainnya berada dalam kondisi stabil.

Sementara di Malaysia, sekitar 24 WNI terjangkit virus tersebut. Kemlu menyatakan kondisi seluruh WNI pasien corona di Negeri Jiran sampai saat ini stabil.

Sebagian dari WNI pasien Covid-19 itu merupakan jamaah tablig akbar Masjid Sri Petaling yang diselenggarakan pada 27 Februari hingga 1 Maret lalu.

Sementara itu, di India, ada 14 WNI yang dinyatakan positif Covid-19 per hari ini dan seluruhnya dalam kondisi stabil.

[Gambas:Video CNN]

Di Jepang, Kemlu menuturkan sembilan WNI positif corona sudah dinyatakan sembuh seluruhnya. Sembilan WNI itu merupakan anak buah kapal pesiar Diamond Princess.

WNI yang terjangkit virus corona di Arab Saudi bertambah menjadi enam orang. Kemlu menyatakan seluruh WNI itu dalam keadaan stabil.

Sebanyak empat WNI juga mengidap Covid-19 di Italia. Keempatnya merupakan ABK kapal pesiar Costa Luminos dan dalam kondisi stabil.

Sementara itu, tiga WNI masing-masing terjangkit virus corona di Taiwan, Spanyol, dan Brunei Darussalam. Seluruhnya juga dalam kondisi stabil.


Sebanyak dua WNI di masing-masing Australia, Belanda, Jerman, dan Uni Emirat Arab, juga dinyatakan terpapar virus corona. Satu WNI di Belanda sudah dinyatakan sembuh.

Terakhir, masing-masing satu WNI di Makau, Qatar, Vatikan, dan Irlandia juga terpapar virus corona dan seluruhnya dalam kondisi stabil.




(dal/DAL)