Lukisan Karya Van Gogh Dicuri di Tengah Wabah Virus Corona

CNN Indonesia | Selasa, 31/03/2020 00:14 WIB
Pencurian lukisan karya Vincent Van Gogh terjadi di museum Belanda. Pencurian terjadi saat museum tutup karena virus corona. Ilustrasi. Lukisan karya Vincent van Gogh dicuri di sebuah museum saat tutup karena virus corona. (Jan Tito).
Jakarta, CNN Indonesia -- Lukisan karya Vincent van Gogh dicuri di sebuah museum Belanda. Saat pencurian terjadi, museum ditutup untuk umum karena wabah virus corona.

"Telah terjadi pembobolan semalam dan sebuah lukisan oleh Van Gogh dicuri," kata Evert van Os dari Museum Singer Laren, di Laren,seperti dikutip dari AFP, Senin (30/3).

Ia menyebut karya yang dicuri itu adalah lukisan Taman Pendeta di Neunen di Musim Semi. Karya tersebut merupakan sebuah lukisan tahun 1884 yang dibuat ketika sang seniman tinggal di rumah ayahnya.


Lukisan itu diperkirakan memiliki nilai antara satu hingga enam juta euro, kata media setempat. Sementara itu berdasarkan keterangan polisi setempat, para pencuri memasuki museum sekitar pukul 3.15 pagi (0115 GMT).

Mereka masuk dengan membuka pintu kaca depan museum yang mengoleksi 3.000 karya yang mencakup karya-karya master abstrak Belanda Piet Mondrian dan pelukis Belanda-Indonesia Jan Toorop, serta casting "The Thinker" oleh Auguste Rodin.

[Gambas:Video CNN]

(AFP/agt)