Gelandangan di California Akan Diisolasi di Mobil Karavan

CNN Indonesia | Kamis, 02/04/2020 00:20 WIB
Gelandangan di California Akan Diisolasi di Mobil Karavan Ilustrasi mobil karavan. (Istockphoto/ewg3D)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah negara bagian California membeli setidaknya 1.300 mobil karavan untuk mengisolasi para tunawisma, sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Pemerintah setempat menyiapkan total lima penampungan untuk dijadikan zona isolasi, termasuk motel dan hotel. Seluruh penampungan tersebut dikhususkan bagi puluhan ribu tunawisma atau gelandangan yang ada di Los Angeles.

Gubernur California Gavin Newsom dua pekan lalu mengumumkan telah menyiapkan anggaran sebesar US$50 juta (sekitar Rp673,9 juta) untuk membeli mobil karavan dan menyewa sejumlah tempat, sehingga mereka yang tinggal di jalanan dapat melakukan isolasi mandiri.



"Orang yang tidak punya rumah adalah yang paling rentan terhadap penyebaran Covid-19," kata Newsom dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari AFP, Selasa (1/4).

Sekitar 100 mobil karavan putih terparkir di taman perkemahan Dockweiler di dekat pantai. Kawasan tersebut umumnya digunakan para wisatawan yang ingin menikmati pemandangan laut. Namun, kini dijadikan zona isolasi bagi pasien Covid-19.

Sejumlah petugas lengkap dengan masker pelindung diturunkan untuk menjaga pintu masuk. Petugas kesehatan yang mengenakan alat pelindung diri (ADP) juga terlihat keluar masuk karavan.

[Gambas:Video CNN]

Hingga, Senin (31/3) kemarin, tercatat ada 21 orang yang diisolasi di taman perkemahan Dockweiler.

"Kami membutuhkan tempat-tempat di mana orang dapat terisolasi dengan aman dari masyarakat dan bahkan dari keluarga mereka," kata Pengawas Wilayah Janice Hahn dalam sebuah pernyataan.


Hahn juga menambahkan, pihaknya masih mencari taman perkemahan lainnya yang ada di wilayah Los Angeles untuk dimanfaatkan sebagai tempat karantina dan zona isolasi

Berdasarkan perhitungan Johns Hopkins University, sejauh ini, sebanyak 2.505 orang terkonfirmasi positif virus corona di wilayah paling padat penduduk itu. Sementara, jumlah orang yang dinyatakan meninggal yakni 44 jiwa.

Di California, terkonfirmasi ada lebih dari 7.500 kasus dan 150 kematian akibat virus corona. Jumlah tersebut menjadikannya sebagai negara bagian yang paling terdampak parah Covid-19 di Amerika Serikat.
Foto: CNN Indonesia/Fajrian

California juga tercatat sebagai negara bagian dengan jumlah tunawisma terbanyak di AS, yakni 150.000 orang, di mana 60.000 di antaranya berada di wilayah Los Angeles.

Menurut Asosiasi Industri RV, California membeli 1.300 mobil karavan untuk proyek penampungan tunawisma. Proyek tersebut telah direncanakan pejabat California sebelum penyebaran virus corona.

Sebagai tambahan, asosiasi tersebut juga mendonasikan 20 unit kendaraan. Selain itu, mereka memberikan surat penawaran potongan harga untuk 100 unit kendaraan kepada Wakil Presiden Mike Pence demi membantu menangani pandemi corona di AS.


Sebelumnya, proyek pemanfaatan mobil caravan untuk keadaan darurat juga dilakukan ketika terjadi Badai Katrina pada 2005 lalu.

Hingga hari ini, AS tercatat sebagai negara dengan jumlah kasus virus corona terbanyak, yakni 189.035, dengan jumlah orang meninggal mencapai 3.900 dan yang dinyatakan sembuh sekitar 7.000 orang. (ang/dea)