Lima Biarawati asal Indonesia di Italia Positif Virus Corona

CNN Indonesia | Rabu, 01/04/2020 13:21 WIB
Lima Biarawati asal Indonesia di Italia Positif Virus Corona Ilustrasi perawat pasien virus corona di Italia. (AP/Luca Bruno)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lima biarawati asal Indonesia yang berada di Italia dinyatakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19).

Duta Besar RI untuk Vatikan, Antonius Agus Sriyono, menuturkan dari total lima suster tersebut, tiga orang tinggal di rumah yang sama, sementara dua lainnya di tempat berbeda.


"Kelima suster ini tinggal di luar Kota Vatikan," ucap Agus seperti dikutip Antara pada Selasa (31/3).


Agus menuturkan satu biarawati berada di Ariano Irpino, Provinsi Avellino, Campania, satu suster berada di Milan, Lombardia, dan tiga orang lainnya berada di Brescia, Lombardia.

Agus memaparkan sampai saat ini kelima suster itu masih menjalani karantina mandiri di rumah masing-masing dan dalam kondisi sehat.

Ia menuturkan KBRI Vatikan terus menjalin kontak dengan kelima biarawati tersebut setiap hari untuk mengetahui kondisi mereka.

[Gambas:Video CNN]

KBRI Vatikan menaungi 1.620 biarawan dan biarawati asal Indonesia. Agus menuturkan para biarawan dan biarawati itu tersebut di seluruh wilayah Italia.

"Sejauh ini umumnya keadaannya masih baik, para suster kami tanya, (persediaan logistik) masih cukup. Seminggu lalu memang sempat kekurangan masker, tetapi sekarang telah teratasi," kata Agus.

Pada hari ini, Rabu (1/4), Vatikan tercatat memiliki enam kasus positif Covid-19 sejauh ini. Kota kecil di tengah Ibu Kota Roma, Italia, itu melaporkan kasus pertama Covid-19 pada 5 Maret lalu.
Lima Biarawati asal Indonesia di Italia Positif Virus Corona(CNN Indonesia/Fajrian)
Sementara itu, per hari ini Italia memiliki 105.792 kasus virus corona dengan 12.428 kematian. Italia menjadi negara kedua yang memiliki kasus corona tertinggi setelah Amerika Serikat.

Pemerintah di Italia menetapkan karantina total di seluruh wilayah sejak awal Maret ini. (rds/ayp)