Panama Buat Jadwal Keluar Rumah selama Lockdown

CNN Indonesia | Jumat, 03/04/2020 01:25 WIB
Panama Buat Jadwal Keluar Rumah selama Lockdown Ilustrasi. Panama membuat jadwal keluar rumah berdasarkan jenis kelamin di masa lockdown akibat virus corona. (Foto: AP/Thanassis Stavrakis)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Panama menerapkan sejumlah aturan tak biasa di tengah pembatasan wilayah (lockdown) untuk menekan penyebaran virus corona. Salah satu kebijakan tak biasa yang diberlakukan yakni dengan membuat jadwal keluar rumah bagi perempuan dan laki-laki.

Dilaporkan CNN, kendati sudah ada aturan melakukan isolasi mandiri, masih banyak warga yang nekat beraktivitas di luar ruangan. Pejabat setempat kemudian memutuskan untuk membagi jadwal keluar rumah berdasarkan jenis kelamin untuk membatasi jumlah orang yang berada di luar ruangan.

Mulai Rabu (1/4), perempuan diperbolehkan keluar rumah untuk berbelanja kebutuhan harian pada hari Senin, Rabu, dan Jumat. Sementara laki-laki diizinkan keluar rumah pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu.


Sesuai jadwal yang ditentukan, satu orang hanya memiliki waktu maksimal dua jam untuk beraktivitas di luar ruangan.

Semua orang diharuskan untuk tetap berada di dalam rumah pada hari Minggu. Pemerintah menyatakan larangan keluar rumah berlaku selama 15 hari.



Pengaturan tambahan di saat masa lockdown disebut memudahkan aparat keamanan untuk membatasi orang yang keluar rumah.

"Banyak orang yang masih beraktivitas di luar ruangan, meskipun ada kewajiban karantina skala nasional. Untuk itu pemerintah mengambil tindakan yang lebih berat agar warga mematuhinya," ujar Presiden Panama, Laurentino Cortizo lewat cuitannya.

[Gambas:Video CNN]

Pemerintah Panama mengeluarkan kebijakan yang mengharuskan warga untuk mengisolasi diri di dalam rumah. Warga tetap diizinkan keluar rumah dalam kondisi darurat atau ketika hendak membeli kebutuhan pokok.

Negara di Amerika Tengah ini pertama kali melaporkan kasus virus corona pada 9 Maret lalu. Sejak saat itu, pemerintah mulai melarang warganya untuk bepergian keluar kota dan keluar negeri.

Operasional bandara mulai dihentikan pada 22 Maret untuk mencegah warganya bepergian.

Disamping itu, pemerintah juga memberlakukan jam malam antara pukul 9 malam hingga pukul 5 pagi. Melihat banyaknya warga yang masih berada di luar ruangan, pemerintah kemudian mengubah aturan jam malam menjadi lebih awal yakni mulai pukul 5 sore hingga pukul 5 pagi.

Mengutip laporan Worldometers, hingga saat ini Panama memiliki 1.317 kasus dengan 32 orang dinyatakan meninggal dan sembilan orang sembuh.

Panama Buat Jadwal Keluar Rumah selama LockdownFoto: CNN Indonesia/Fajrian
(CNN/evn)