Thailand Berlakukan Jam Malam untuk Tekan Penularan Corona

CNN Indonesia | Jumat, 03/04/2020 20:06 WIB
Pemerintah Thailand melarang penduduk keluar rumah mulai pukul 22.00 sampai 04.00 untuk menekan penularan virus corona. Ilustrasi. Pemerintah Thailand melarang penduduk keluar rumah mulai pukul 22.00 sampai 04.00 untuk menekan penularan virus corona. (Hector RETAMAL / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Thailand memutuskan memberlakukan jam malam nasional yang dimulai pada Jumat (4/4), sebagai upaya untuk menekan penularan kasus virus corona.

Seperti dilansir CNN, Perdana Menteri Thailand, Prayut Chan-o-cha, mengatakan bahwa mulai hari ini penduduk di Negeri Gajah Putih tidak akan diizinkan meninggalkan tempat tinggal mereka antara pukul 22.00 malam hingga 04.00 waktu setempat.


Prayut menambahkan jam malam tidak diberlakukan bagi masyarakat yang bekerja di layanan penting seperti sektor medis.


"Ada pengecualian untuk mereka yang memiliki alasan darurat dan mereka yang bekerja di layanan medis, layanan keuangan, mengangkut barang-barang penting, obat-obatan, pasokan medis," kata Prayut.

[Gambas:Video CNN]

Prayut selanjutnya mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan pembelian barang pokok secara berlebihan dalam menanggapi aturan baru tersebut. Sebab menurut dia masyarakat masih dapat membeli barang-barang di siang hari.

"Saya akan meminta masyarakat untuk tidak panik dan tidak menimbun barang, karena Anda masih dapat membeli barang di siang hari seperti biasa, tetapi menjaga jarak dengan orang lain harus dilakukan secara ketat," tambah Prayut.
Thailand Berlakukan Jam Malam untuk Tekan Penularan Corona(CNN Indonesia/Fajrian)
Sampai hari ini, Thailand tercatat memiliki 1.875 kasus infeksi virus corona, dengan 15 orang yang meninggal akibat virus tersebut. (ara/ayp)