Lima WNI di Belanda Positif Corona, Dua Meninggal

CNN Indonesia | Senin, 06/04/2020 12:30 WIB
Lima WNI di Belanda Positif Corona, Dua Meninggal Ilustrasi pasien virus corona. (AP/Claudio Furlan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Luar Negeri RI mengatakan lima warga Indonesia terinfeksi virus corona (Covid-19) di Belanda, dua di antaranya meninggal. 

Pelaksana juru bicara Kemlu RI, Teuku Faizasyah, memaparkan dari lima WNI itu dua orang dinyatakan sembuh, dan satu dalam kondisi stabil.

"Laporan semalam menuturkan WNI inisial JMS usia 66 tahun dilaporkan meninggal dunia karena Covid-19. Sebelumnya ada seorang WNI dengan inisial ZAM berusia 65 tahun," kata Faizasyah saat dikonfirmasi melalui pesan singkat pada Senin (6/4).




Faizasyah menuturkan JMS lahir dan besar di Belanda namun orangtuanya berasal dari Ternate. Selain mengidap corona, JMS dikabarkan telah memiliki komplikasi penyakit lain.

Sementara itu, Faizasyah mengatakan ZAM telah tinggal di Belanda selama 40 tahun dan berasal dari Medan. "Almarhum ZAM sudah dimakamkan," kata Faizasyah.

[Gambas:Video CNN]

Berdasarkan data Kemlu RI per hari ini, total ada 249 WNI terinfeksi corona di Luar Negeri. 

Ratusan WNI itu di antaranya terdiri dari 72 WNI anak buah kapal pesiar di perairan internasional, 42 orang terinfeksi corona di Malaysia, 38 WNI terinfeksi di Singapura, 14 orang di India, 11 WNI di Spanyol, 9 orang di Jepang, serta tujuh WNI masing-masing di Pakistan, Vatikan, dan Jerman.


Kemlu RI juga menuturkan enam WNI terinfeksi di Arab Saudi, lima WNI positif corona di Belanda, empat WNI di Inggris serta Brunei Darussalam, dan tiga WNI masing-masing terinfeksi di Taiwan serta Makau.

Masing-masing dua WNI terinfeksi corona di Australia, Uni Emirat Arab, Filipina, Kamboja, Finlandia, Amerika Serikat, dan Qatar. 
Lima WNI di Belanda Positif Corona, Dua MeninggalFoto: CNN Indonesia/Fajrian

Kemlu RI juga menuturkan masing-masing satu WNI terdeteksi positif corona di Oman, Korea Selatan, Irlandia, dan Belgia.

Sejauh ini tujuh dari 249 WNI positif corona di luar negeri itu dinyatakan meninggal. Seorang WNI meninggal di Inggris, dua WNI meninggal di Belanda, dua WNI meninggal di Malaysia, dan dua WNI meninggal di Singapura. (rds/dea)