FOTO: Jepang Akan Tetapkan Status Darurat Corona

AP & AFP, CNN Indonesia | Selasa, 07/04/2020 12:15 WIB

, CNN Indonesia -- Pemerintah Jepang berencana mengumumkan status darurat terkait penyebaran virus corona hari ini, Selasa (7/4) setelah mendengar masukan dari panel penasihat.

Pemerintah Jepang berencana mengumumkan status darurat terkait penyebaran virus corona hari ini, Selasa (7/4) setelah mendengar masukan dari panel penasihat. ( Philip FONG / AFP)
Keputusan tersebut diambil setelah ada lonjakan kasus Covid-19 di Tokyo dan beberapa kota lain di Jepang. (Kyodo News via AP)
Dalam sehari pada Minggu (5/4) sekitar 148 kasus Covid-19 baru berasal dari Tokyo. Jumlah tersebut menjadi rekor tertinggi kasus baru di Jepang dalam sehari. (AP Photo/Jae C. Hong)
Status darurat diperkirakan akan diterapkan di beberapa negara bagian yang sangat terdampak pandemi corona selama setidaknya 21 hari. Beberapa wilayah itu termasuk Tokyo, Osaka, dan Hyogo. (Photo by Philip FONG / AFP)
Status darurat akan memberikan kewenangan bagi gubernur daerah untuk mengimbau warga melakukan karantina mandiri dengan berdiam di rumah. (Photo by CHARLY TRIBALLEAU / AFP)
Selain itu, pemerintah daerah juga memiliki kewenangan untuk meminta sejumlah usaha dan bisnis untuk tutup sementara. (Yu Nakajima/Kyodo News via AP)
Status darurat juga memungkinkan pemerintah mengambil alih hak tanah dan bangunan untuk keperluan medis. ( Philip FONG / AFP)
Kendati demikian, operasional transportasi umum tidak terimbas kondisi darurat nasional. Namun operasional kereta bawah tanah kemungkinan akan berkurang 50 persen. (Photo by Philip FONG / AFP)
Pemerintah juga mengajukan kucuran paket stimulus dana sebesar US$1 triliun untuk memulihkan perekonomian yang anjlok akibat dampak corona. (Photo by Philip FONG / AFP)