286 WNI di Luar Negeri Positif Corona, 8 Orang Meninggal

AFP, CNN Indonesia | Selasa, 07/04/2020 13:39 WIB
Kemlu mencatat saat ini ada 286 WNI di luar negeri yang positif terinfeksi virus corona, sekitar delapan di antaranya meninggal. Sebanyak 286 WNI di luar negeri positif virus corona dan delapan meninggal. (Foto: Dok. KBRI Seoul)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Luar Negeri RI menyatakan jumlah warga Indonesia terinfeksi virus corona di luar negeri bertambah menjadi 286 orang per Selasa (7/4).

Delapan dari ratusan WNI tersebut dinyatakan meninggal akibat virus penyebab penyakit Covid-19. Delapan WNI meninggal terdiri dari masing-masing dua warga di Belanda, Malaysia, dan Singapura, serta satu lainnya di Inggris.

Terbaru, satu WNI meninggal di Amerika Serikat akibat Covid-19. Pelaksana juru bicara Kemlu RI, Teuku Faizasyah, menuturkan WNI itu meninggal pada 4 April lalu.


"WNI tersebut merupakan pria berinisial RAG usia 57 tahun. Almarhum meninggal pada 4/4 di rumah sakit di wilayah New York, AS," kata Faizasyah saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com, Selasa (7/4).

Meski begitu, Faizasyah tidak menjelaskan sejak kapan RAG dinyatakan positif corona.

Sebanyak 286 WNI positif corona terdiri dari 92 WNI anak buah kapal pesiar, 43 orang terinfeksi corona di Malaysia, 40 WNI terinfeksi di Singapura, 14 orang di India, 12 WNI di Pakistan, 11 WNI di Spanyol, 10 WNI di AS, 9 orang di Jepang, serta tujuh WNI masing-masing di Vatikan dan Jerman.

Kemlu RI juga menuturkan enam WNI terinfeksi di Arab Saudi, lima WNI positif corona di Belanda, empat WNI di Inggris serta Brunei Darussalam, dan tiga WNI masing-masing terinfeksi di Taiwan serta Makau.

Masing-masing dua WNI terinfeksi corona di Australia, Uni Emirat Arab, Kamboja, Finlandia, dan Qatar. 

Kemlu RI juga menuturkan masing-masing satu WNI terdeteksi positif corona di Oman, Korea Selatan, Irlandia, dan Belgia.

286 WNI di Luar Negeri Positif Corona, 8 Orang MeninggalFoto: CNN Indonesia/Fajrian
(rds/evn)

[Gambas:Video CNN]