Kabar Miring di Seputar Kim Jong-un

CNN Indonesia | Sabtu, 02/05/2020 11:31 WIB
North Korean leader Kim Jong Un attends a meeting with Russian president at the Far Eastern Federal University campus on Russky island in the far-eastern Russian port of Vladivostok on April 25, 2019. (Photo by SERGEI ILNITSKY / POOL / AFP) Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un. (AFP/SERGEI ILNITSKY)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebagai pemimpin Korea Utara yang dikenal totaliter dan tertutup, kehidupan Kim Jong-un juga diliputi banyak misteri.

Kabar mengenai keberadaan dan kondisi Kim Jong-un selalu ditutup rapat dan tidak sembarang orang bisa mengetahuinya. Hal yang sama juga terjadi dengan mendiang ayah dan kakeknya, Kim Jong-il dan Kim Il-sung.


Kim Jong-un sempat diterpa kabar tidak sedap sejak pekan lalu. Dia dilaporkan kritis dan bahkan meninggal setelah menjalani proses bedah.


Dugaan itu semakin menguat setelah Kim Jong-un juga tidak hadir dalam upacara mengenang kelahiran Kim Il-sung pada 15 April lalu.

Kemudian muncul laporan berdasarkan pantauan citra satelit, ada kemungkinan Kim Jong-un berada di tempat peristirahatan khusus di kawasan pesisir pantai Wonsan. Hal itu terlihat dari keberadaan kereta api kenegaraan.

Kapal pesiar yang diduga milik Kim Jong-un juga tertangkap kamera berpindah-pindah menuju lokasi peluncuran rudal dan lokasi wisata di sebuah pulau.

Teka-teki tentang keberadaan Kim Jong-un akhirnya terjawab setelah media massa Korut menerbitkan sejumlah foto. Kim Jong-un terlihat tengah meresmikan dan berkeliling di pabrik pupuk di wilayah Sunchon, pada Jumat (1/5) kemarin.


Dia bahkan ditemani sang adik, Kim Yo-jong, yang dianggap sebagai orang kedua yang paling berkuasa di Korut. Berbagai spekulasi sudah bermunculan bahwa Yo-jong adalah orang yang bakal berkuasa jika Kim Jong-un wafat.

Surat kabar Korea Utara, Rodong Sinmun, menerbitkan sejumlah foto Kim Jong-un mengenakan jaket terusan hitam mengelilingi pabrik. Dia juga melakukan peresmian dengan upacara menggunting pita di lokasi tersebut.

Seperti dilansir Associated Press, Sabtu (2/5), di masa lalu Kim Jong-un juga pernah melakukan hal serupa. Yakni menghilang sementara dari pantauan publik.

Tercatat sekitar enam tahun lalu, Kim Jong-un pernah tidak muncul ke hadapan masyarakat selama enam pekan berturut-turut. Menurut laporan badan intelijen Korea Selatan, saat itu dia diduga menjalani bedah untuk mengangkat kista (tumor jinak) di pergelangan kakinya.


Kabar Miring

Selain menghilang dari hadapan publik, ada sejumlah kabar miring lain yang menghampiri Kim Jong-un.

Kim Jong-un pernah diberitakan meracun bibinya, Kim Kyong-hui, pada 2015. Kabar itu disampaikan oleh seorang warga Korut yang membelot.

Akan tetapi, perempuan yang saat ini berusia 73 tahun itu muncul pada Januari lalu. Dia terlihat duduk di samping keponakannya saat menyaksikan sebuah konser.

Empat tahun lalu, Kim Jong-un dilaporkan mengeksekusi salah satu mantan jenderal angkatan bersenjata, Ri Yong-gil, karena korupsi dan perkara lain. Namun, di tahun yang sama Ri ternyata muncul dalam sebuah upacara dan diberi jabatan baru. (ayp/ayp)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK