Israel Sebut Dubes China Meninggal Akibat Serangan Jantung

CNN Indonesia | Senin, 18/05/2020 08:37 WIB
Labeled remains of person lying in mortuary Ilustrasi jenazah. Kepolisian Israel menyatakan penyebab kematian Duta Besar China, Du Wei, akibat serangan jantung. (Istockphoto/Katarzyna Bialasiewicz)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepolisian Israel menyatakan penyebab kematian Duta Besar China, Du Wei, akibat serangan jantung.

Seperti dilansir stasiun televisi i24 yang mengutip surat kabar Haaretz, Senin (18/5), tim paramedis yang memeriksa di rumah dinas mendiang di apartemen kawasan Herzliya, Tel Aviv, menyatakan Du meninggal saat tengah tertidur. Dia tutup usia pada umur 58 tahun.


Direktur Jenderal Kementerian Luar Negeri Israel, Yuval Rotem, menyatakan sudah menyampaikan pernyataan bela sungkawa kepada Wakil Misi Diplomatik China, Dai Yuming.


Menurut laporan The Times of Israel, China dilaporkan akan mengirim tim khusus untuk menyelidiki kematian Du Wei.

"Menurut dugaan sementara, kematian Duta Besar Du Wei akibat masalah kesehatan. Kami akan menunggu konfirmasi lebih lanjut," demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri China.

Pemerintah Israel juga akan mengatur pemulangan jasad Wei ke China. Perwakilan keluarga akan turut serta dalam rombongan tim penyelidik dari China.

Akan tetapi, mereka wajib menaati aturan karantina selama 14 hari setelah tiba di Israel.


Du Wei ditunjuk menjadi Duta Besar China untuk Israel pada Februari 2020 setelah menjabat sebagai utusan China di Ukraina. Dia meninggalkan seorang istri dan anak lelaki yang saat ini berada di China. (ayp/ayp)

[Gambas:Video CNN]