Kilas Internasional

Jepang Cabut Darurat Corona hingga Korut Rapat Cegah Perang

CNN Indonesia | Selasa, 26/05/2020 06:25 WIB
People wearing face masks, amid concerns of the COVID-19 coronavirus, walk under the cherry blossoms in Tokyo on March 22, 2020. (Photo by Behrouz MEHRI / AFP) Ilustrasi virus corona di Jepang. (Behrouz MEHRI / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah peristiwa terjadi di berbagai belahan dunia pada Senin (25/5). Mulai dari Jepang resmi mencabut status darurat nasional pandemi virus corona hingga
Korea Utara gelar rapat cegah perang.

1. Jepang Resmi Cabut Status Darurat Corona

Jepang telah resmi mencabut status darurat nasional pandemi virus corona, Senin (25/5). Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe mengumumkan hal tersebut melalui siaran di televisi nasional.

"Kami memiliki kriteria yang amat ketat untuk mencabut status darurat. Kami telah menilai bahwa kami mencapai kriteria ini," kata Abe.



Dibandingkan dengan area terdampak lain yang lebih parah di Eropa, Amerika Serikat, Rusia, dan Brazil, Jepang memiliki kondisi yang lebih baik. Jepang tercatat memiliki 16.581 kasus infeksi dengan 830 kematian.

Pusat bisnis dan sekolah dipaksa untuk tutup dan masyarakat wajib tetap berada di rumah. Namun lockdown Jepang terbilang lebih lunak dibandingkan negara lainnya dan tak ada hukuman bagi pelanggar.

2. Main Golf kala Corona, Trump Sebut Media Tidak Jujur

Presiden Donald Trump kesal atas pemberitaan negatif terkait dirinya bermain golf kala akhir pekan panjang Memorial Day, sementara angka kematian Amerika Serikat mendekati 100 ribu.

"Berita palsu dan benar-benar rusak membuatnya terdengar seperti dosa besar!" kata Trump dalam kicauan di Twitter, Senin (25/5) malam waktu Indonesia. Menurut Trump, permainan yang ia gemari itu adalah kali pertama sejak awal Maret.


Kegiatan Trump itu menuai kecaman karena bertepatan dengan angka kematian akibat virus corona di Amerika Serikat dan menyinggung serangan yang sempat diberikan Trump kepada Barack Obama yang bermain gim kala wabah Ebola pada 2014.

3. AS Bakal Uji Nuklir, Korut Gelar Rapat Soal Cegah Perang

Korea Utara tengah membahas kebijakan baru untuk meningkatkan "pencegahan perang nuklir". Pembahasan ini dilakukan dalam pertemuan militer yang dipimpin oleh pemimpin Kim Jong Un seperti dilaporkan media pemerintah setempat, Minggu (24/5).


Pertemuan itu adalah laporan penampilan publik Kim yang pertama setelah "menghilang" lebih dari tiga minggu. Pembahasan ini juga dilakukan setelah pemerintahan Trump dilaporkan melakukan pembahasan uji coba nuklir AS. Ini adalah uji coba nuklir pertama AS dalam beberapa dekade terakhir seperti dilaporkan media negara itu, Jumat (22/5).

Pertemuan Komisi Militer Pusat melakukan pertemuan untuk menetapkan "kebijakan baru untuk lebih meningkatkan pencegahan perang nuklir negara itu," kata kantor berita resmi Korea Utara KCNA, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

(dea/dea)

[Gambas:Video CNN]