Rekor Terbanyak Positif Corona Afrika Selatan, 10 Ribu Sehari

tim, CNN Indonesia | Minggu, 05/07/2020 08:38 WIB
An elderly woman reacts as a heath worker collects a sample for coronavirus testing during the screening and testing campaign aimed to combat the spread of COVID-19 at Sphamandla informal settlement in Katlehong, south of Johannesburg, South Africa, Friday, May 22, 2020. (AP Photo/Themba Hadebe) Afrika Selatan melaporkan lebih dari 10 ribu kasus Covid-19 baru dalam satu hari, Sabtu (4/7). Laporan tersebut menjadi rekor kasus terbanyak dalam satu hari. (AP/Themba Hadebe)
Jakarta, CNN Indonesia --

Afrika Selatan melaporkan lebih dari 10 ribu kasus Covid-19 baru dalam satu hari, Sabtu (4/7). Dalam laporan harian yang dirilis Kementerian Kesehatan Afrika Selatan, 10.853 kasus infeksi wabah virus corona dikonfirmasi saat itu.

Laporan tersebut menjadi rekor kasus terbanyak dalam satu hari. Angka itu menambah total kasus Covid-19 di Afrika Selatan menjadi 187.977 sejak kasus pertama ditemukan di sana, Maret 2020.

Sementara itu, Afrika Selatan juga melaporkan 74 kematian baru dan membuat total korban meninggal akibat virus corona menjadi 3.026 orang.


Sebelumnya, Kementerian Kesehatan sudah memperkirakan lonjakan kasus setelah melonggarkan lockdown secara bertahap, setelah penerapan lockdown ketat demi meredam penyebaran virus corona sejak 27 Maret.

Hal itu dilakukan karena pemerintah setempat sedang berjuang mencapai keseimbangan antara menyelamatkan nyawa dan ekonomi negara. Ekonomi Afrika Selatan diproyeksikan menyusut lebih dari tujuh persen pada 2020 akibat pandemi Covid-19.

"Apa yang telah kami upayakan adalah menyeimbangkan menyelamatkan nyawa rakyat kami dan juga tetap menjalani kehidupan," kata Presiden Cyril Ramaphosa pada Jumat (3/7) seperti dilansir dari AFP.

Afrika Selatan kini menempati posisi ke-17 negara dengan kasus Covid-19 terbanyak di dunia. Ia berada di bawah Prancis dan Jerman yang melaporkan lebih dari 204 ribu dan 197 ribu kasus hingga Minggu (5/7) pagi waktu Indonesia.

Posisi pertama dan kedua masih ditempati Amerika Serikat serta Brasil yang melaporkan lebih dari 2,8 juta dan 1,5 juta kasus Covid-19. Secara keseluruhan, korban meninggal akibat virus corona di dunia telah mencapai 528.364 orang.

(chr/chs)

[Gambas:Video CNN]