Tegang dengan Iran, Israel Luncurkan Satelit Mata-mata Baru

AFP, CNN Indonesia | Senin, 06/07/2020 17:44 WIB
Ilustrasi Satelit Soyuz Ilustrasi satelit. (Foto: WikiImages/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Israel meluncurkan sebuah satelit mata-mata baru di tengah hubungan yang terus memanas dengan Iran, musuh bebuyutannya di kawasan, pada Senin (6/7).

"Kementerian Pertahanan dan Industri Luar Angkasa Israel telah sukses meluncurkan satelit mata-mata Ofek 16," kata Kemhan Israel melalui pernyataan.

Kemhan Israel menuturkan peluncuran satelit itu dilakukan pada Senin sekitar pukul 04.00 waktu lokal.


Kemhan Israel menuturkan setelah diluncurkan ke ruang angkasa, "satelit mata-mata elektro-optikal dengan kapabilitas canggih" itu akan melakukan serangkaian pengujian.

Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz memuji perkembangan ini. Menurutnya, peluncuran Ofek 16 menandai pencapaian pertahanan Israel yang membanggakan.

"Superioritas teknologi dan kapabilitas intelijen adalah yang utama bagi keamanan nasional. Kami akan terus mempertahankan kapabilitas Israel untuk selalu terdepan di setiap sektor," ujar Gantz seperti dilansir AFP.

Peluncuran satelit ini berlangsung ketika Israel dan Iran kembali memanas terutama setelah Teheran menuding Tel Aviv meluncurkan serangan siber terhadap salah satu situs nuklir utamanya pada pekan lalu hingga mengalami kerusakan yang signifikan.

(rds/evn)

[Gambas:Video CNN]