Trump Pakai Masker untuk Pertama Kali saat ke RS Militer

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Minggu, 12/07/2020 08:19 WIB
President Donald Trump wears a face mask as he walks down a hallway during a visit to Walter Reed National Military Medical Center in Bethesda, Md., Saturday, July 11, 2020. (AP Photo/Patrick Semansky) Donald Trump untuk pertama kalinya terlihat mengenakan masker sejak masa pandemi virus corona. (AP/Patrick Semansky)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk pertama kalinya terlihat mengenakan masker sejak masa pandemi virus corona, kala mengunjungi rumah sakit militer pada Sabtu (11/7) waktu setempat.

"Saya mungkin akan mengenakan masker. Saya pikir [memakainya] ketika sedang berada di rumah sakit terutama di tempat khusus, seperti berbicara dengan banyak tentara, orang-orang yang keluar dari meja operasi. Saya pikir itu hal hebat untuk memakai masker," ungkap Trump kepada sejumlah awak media saat menuju lokasi kunjungannya di RS Militer Walter Reed.

Lebih lanjut, Trump yang sebelumnya enggan mengenakan masker mengatakan, "Saya tidak pernah menentang masker tapi saya yakin ada tempat dan waktu untuk memakainya."


Mengutip CNN, Trump terlihat mengenakan masker bersama dengan para staf di pusat medis yang terletak di Bethesda, Maryland. Selama mengenakannya, Trump tidak membuat pernyataan apapun.

Momen ini pun merupakan kali pertama Trump terlihat memakai masker sejak pandemi virus corona Covid-19, yang juga terjadi setelah berbulan-bulan menolak untuk mengenakannya di depan umum.

Sebelumnya, dilaporkan bahwa Trump mengenakan ini atas desakan orang-orang di sampingnya demi memberi contoh yang baik bagi para pendukungnya. Trump pun sempat mengisyaratkan pemakaian masker ini kala melakukan wawancara dengan Fox News.

"Saya mungkin akan mengenakan masker saat pergi ke Walter Reed. Kau akan berada di rumah sakit, jadi saya pikir itu hal yang sangat tepat," katanya kala itu.

Trump kemudian menekankan niatnya untuk memakai masker di rumah sakit saat wawancara dengan Telemundo, Jumat lalu.

"Itu sama sekali tidak sulit bagi saya," katanya.

Selama beberapa waktu, masker telah menjadi titik nyala politik karena sebagian orang Amerika berpendapat penggunaannya melanggar kebebasan sipil mereka. Meski Pusat Pengendalian dan Pencegahan (CDC) telah mewajibkan hal ini demi mencegah penyebaran virus corona, tetapi masih ada yang bersikukuh dengan sikapnya, termasuk Trump sendiri.

Sebelum mengenakan masker baru-baru ini, Trump sempat bersikeras mengenakan masker karena merasa membuatnya tampak lemah dan memberi kesan bahwa ia tidak dapat mengendalikan pandemi. Dia bahkan mencemooh pesaingnya Joe Biden kala mengenakan itu di depan umum.

(agn/mik)

[Gambas:Video CNN]