PAP dan Lee Hsien Loong Kembali Menang di Pemilu Singapura

Straits Times, CNN Indonesia | Senin, 13/07/2020 20:41 WIB
Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong jelang pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Afrika 2015, di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (22/4). ANTARA FOTO/AACC2015/Subekti/hp/15. Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong. (ANTARA FOTO/AACC2015/Subekti)
Jakarta, CNN Indonesia --

Partai Aksi Rakyat (PAP) yang kembali menang dalam Pemilihan Umum Singapura 2020 berterima kasih atas dukungan mayoritas pemilih.

Menteri Komunikasi dan Informasi Singapura sekaligus politikus PAP, S. Iswaran, mengatakan bahwa kini pihaknya sudah mulai bekerja.

PAP dan koalisi GRC (Konstituensi Representasi Kelompok Pantai Barat) dengan 51,69 persen suara, melawan rival mereka, Partai Kemajuan Singapura (PSP) yang dipimpin oleh Tan Cheng Bock.


Dilansir Straits Times, ketika ditanya hasil evaluasi kampanye PAP, Iswaran pada Minggu (12/7) kemarin mengatakan terlalu dini untuk menyimpulkan secara pasti.

PAP menggelar kampanye yang relatif tidak terlampau mencolok, termasuk melakukan kunjungan ke pasar dan rumah-rumah, serta mengunggah aktivitas kampanye ke media sosial.

Mereka tidak mengadakan unjuk rasa daring selama masa kampanye.

"Saya pikir evaluasi harus dilakukan pada tingkat yang berbeda, jadi agak dini untuk menganalisis ini. Tapi seperti yang Anda dengar dari PM (Lee Hsien Loong) dan sebagainya, ada beberapa faktor dalam permainan, kita bayangkan. Ada masalah tingkat nasional, dan saya pikir itu juga fungsi dari lawan di divisi yang relevan dan sebagainya," kata Iswaran.

Infografis Serba-serbi Pemilu Singapura 2020(CNNIndonesia/Basith Subastian)

Tim sukses PAP terdiri dari Menteri Sosial dan Pengembangan Keluarga Desmond Lee, Foo Mee Har, Ang Wei Neng, dan kandidat baru Rachel Ong. Mereka berkampanye dalam hal menciptakan lapangan kerja, menyediakan bantuan pekerjaan, memperkuat jaring pengaman sosial dan inisiatif untuk kaum muda dan keluarga.

Sementara itu, Tan Cheng Bock dari PSP menyorot rekam jejaknya sebagai mantan anggota PAP yang telah lama melayani dan mendesak transparansi yang lebih besar, serta menempatkan kelas pekerja dan bisnis sebagai fokus utama.

Tim sukses PSP terdiri dari Asisten Sekretaris Jenderal PSP Leong Mun Wai, Hazel Poa, Nadarajah Loganathan, dan Jeffrey Khoo.

Kandidat perdana menteri dari PAP, Lee Hsien Loong, menang telak dari dua pesaingnya yaitu Pritam Singh dari Partai Buruh (WP) dan Tan Cheng Bock, dalam Pemilihan Umum Singapura 2020.

(ans/ayp)

[Gambas:Video CNN]