Bentrok di Perbatasan Afghanistan, 4 Tentara Pakistan Tewas

CNN Indonesia
Rabu, 15 Jul 2020 19:22 WIB
Indian army soldiers stand near the wreckage of an Indian aircraft after it crashed in Budgam area, outskirts of Srinagar, Indian controlled Kashmir, Wednesday, Feb.27, 2019. (AP Photo/Mukhtar Khan) Ilustrasi tentara Pakistan. (AP Photo/Mukhtar Khan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Empat tentara Pakistan dilaporkan tewas setelah terlibat bentrokan dengan kelompok militan di wilayah barat laut dekat perbatasan Afghanistan pada akhir pekan lalu.

Militer Pakistan menuturkan insiden itu terjadi di Kota Miranshah, ibu kota distrik Waziristan Utara, yang kerap bergolak dengan bentrokan antara militer dan militan. 

Militer Pakistan memaparkan bentrokan terjadi ketika pasukan keamanan pemerintah melakukan operasi razia tempat persembunyian militan yang tengah menjadi buron aparat di daerah tersebut.

"Segera setelah pasukan memblokir daerah itu mereka diserang. Semua teroris telah dilumpuhkan pasukan keamanan," bunyi pernyataan militer Pakistan pada Rabu (15/7).

Islamabad menuturkan selain personel militer, empat teroris juga tewas dalam bentrokan itu.

Militer Pakistan memang telah meluncurkan operasi bersenjata di Miranshah dan sekitarnya selama beberapa tahun terakhir.

Pemerintah Pakistan terus berperang melawan pemberontak kelompok Islam di wilayah itu selama lebih dari satu dekade terakhir. Ribuan warga sipil dan personel tentara tewas akibat serangan kelompok militan di wilayah itu sejak 10 tahun terakhir.

Meski serangan pemberontak terus menurun setelah Pakistan meluncurkan operasi militer intensif di kawasan itu, kelompok-kelompok militan dan ekstremis masih kerap melakukan sejumlah serangan.

Bentrokan yang kerap terjadi tak lepas dari akses yang mudah terhadap senjata yang murah. Dikutip AFP, wilayah Miranshah memang dikenal akan penyelundupan barang, obat-obatan, hingga senjata murah.

(rds/dea)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER