Satelit Militer Pertama Korsel Berhasil Diluncurkan

CNN Indonesia | Selasa, 21/07/2020 12:21 WIB
Satelit militer, ANALIS-II, milik Korea Selatan berhasil diluncurkan dengan roket SpaceX untuk meningkatkan pertahanan diri dari Korea Utara. Ilustrasi satelit. (AFP PHOTO / CNES)
Jakarta, CNN Indonesia --

Satelit komunikasi militer pertama Korea Selatan berhasil diluncurkan dengan roket perusahaan teknologi antariksa asal Amerika Serikat, SpaceX.

Dilansir AFP, Selasa (21/7), satelit bernama ANALIS-II itu diluncurkan untuk meningkatkan pertahanan diri Korea Selatan dalam melawan Korea Utara yang memiliki senjata nuklir.

Administrasi Program Akuisisi Pertahanan (DAPA) dalam sebuah pernyataan menyatakan Roket Falcon 9 buatan SpaceX yang membawa satelit tersebut meluncur dari Stasiun Angkatan Udara Tanjung Canaveral di Florida, Amerika Serikat.


SpaceX mengkonfirmasi satelit itu dikerahkan sekitar 32 menit setelah lepas landas pada Senin sore waktu setempat.

DAPA menyatakan peluncuran satelit itu menjadikan Korea Selatan sebagai negara ke-10 di dunia yang memiliki satelit komunikasi khusus militer. Satelit itu berfungsi untuk menyediakan jalur komunikasi militer permanen dan aman.

Satelit itu diperkirakan akan mencapai orbitnya sekitar 36 ribu kilometer dalam dua pekan, dan militer Korea Selatan akan mengambil alih sistem itu pada Oktober mendatang setelah pengujian.

Seorang pejabat di Kementerian Pertahanan Korsel seperti dikutip berita Yonhap berharap satelit itu bisa meningkatkan kemampuan operasional militer negara itu.

Korsel dan Amerika Serikat adalah sekutu keamanan. AS menempatkan 28.500 tentara di negara itu setelah perang Korea berakhir pada 27 Juli 1953.

(ans/ayp)

[Gambas:Video CNN]