WHO: Mungkin Tidak Bakal Ada 'Peluru Perak' untuk Corona

CNN Indonesia | Senin, 03/08/2020 23:44 WIB
WHO mendesak negara-negara di dunia untuk fokus pada upaya pencegahan dasar penyebaran virus corona seperti pengetesan, jaga jarak, hingga penggunaan masker. WHO mendesak negara-negara di dunia untuk fokus pada upaya pencegahan dasar penyebaran virus corona seperti pengetesan, jaga jarak, hingga penggunaan masker. (FABRICE COFFRINI / AFP).
Jakarta, CNN Indonesia --

Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/ WHO) mewaspadai kemungkinan tidak akan ada senjata ampuh atau peluru perak untuk membasmi virus corona.

"Kita semua berharap punya sejumlah vaksin efektif yang dapat membantu orang-orang untuk mencegah infeksi. Kendati demikian, tidak ada 'peluru perak saat ini dan mungkin tidak akan pernah ada," ujar Direktur Jendaral WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam konferensi pers virtual, dikutip dari AFP Senin (3/8).

Karenanya, WHO mendesak negara-negara di dunia untuk fokus pada upaya dasar yang sudah diketahui sebelumnya yaitu pengetesan, pelacakan kontak, jaga jarak , dan penggunaan masker.


"Untuk saat ini, pencegahan wabah dilakukan dengan dasar-dasar kesehatan masyarakat dan pengendalian penyakit," ujarnya.

Tedros menyadari sejumlah negara masih menghadapi kenaikan kasus corona. Namun, Tedros meyakinkan kondisi buruk itu bisa dibalik seperti yang telah dilakukan Korea Selatan.

"Ketika para pemimpin mengambil langkah dan bekerja dengan intensif bersama penduduk negaranya, penyakit ini dapat dikendalikan," jelasnya.

Sebagai informasi, per Senin (3/8), virus corona telah menginfeksi lebih dari 18,2 juta penduduk dunia dan menewaskan setidaknya 693 ribu orang.

(afp/sfr)

[Gambas:Video CNN]