KILAS INTERNASIONAL

Ledakan di Libanon sampai Indonesia Peringkat 97 Aman Corona

CNN Indonesia | Kamis, 06/08/2020 07:10 WIB
Ledakan dahsyat di Libanon hingga Indonesia urutan ke-97 negara aman dari Covid-19 di dunia. Penduduk kota Beirut membantu korban akibat ledakan. (AP/Hussein Malla)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah peristiwa terjadi di berbagai belahan dunia pada Rabu (5/8) kemarin. Mulai dari ledakan dahsyat di Libanon hingga Indonesia urutan ke-97 negara aman dari Covid-19 di dunia. CNNIndonesia.com merangkum sejumlah kejadian tersebut dalam kilas internasional.


1. Ledakan dahsyat di Libanon menewaskan lebih dari 100 orang

Palang Merah Libanon melaporkan sampai saat ini korban tewas akibat ledakan besar di Ibu Kota Beirut pada Selasa (4/8) petang waktu telah mencapai lebih dari 100 orang.

Organisasi itu juga menuturkan lebih dari 4.000 orang terluka akibat ledakan yang berasal sebuah gudang di dekat pelabuhan Beirut yang menyimpan 2.700 ton senyawa kimia amonium nitrat.


Ledakan tersebut terjadi sekitar Selasa petang pukul 18.02 waktu setempat.

Dentuman akibat ledakan terdengar sampai ke Siprus yang terpisah 200 kilometer di Laut Mediterania. Bahkan ledakan juga memicu guncangan dengan magnitudo 3.5.

Ledakan terdengar bersamaan dengan gelombang asap berbentuk jamur yang langsung menyapu wilayah sekitar sumber ledakan hingga puluhan kilometer.

Guncangan yang berasal dari kawasan pelabuhan itu menimbulkan suasana mencekam di ibu kota. Kaca rumah penduduk dan bangunan di sebagian Beirut terutama dekat sumber ledakan pecah dan terbakar.

[Gambas:Video CNN]


2. Seorang WNI terluka dalam ledakan di Libanon

Seorang warga Indonesia, Ni Negah Erawati, terluka dalam kejadian ledakan di ibu kota Beirut, Libanon.

Duta Besar RI untuk Libanon, Hajriyanto Y Thohari, mengatakan WNI tersebut diketahui bekerja di sebuah spa di Kimantra, Jal El Dib.

Hajriyanto menuturkan sebuah rumah milik WNI di Beirut rusak berat akibat ledakan. Ia mengatakan WNI pemilik rumah selamat.

Menurutnya, gedung KBRI di Beirut juga aman tidak terdampak kerusakan akibat ledakan. Hal itu diutarakan menyusul informasi bahwa sejumlah gedung kedutaan negara asing di Beirut, terutama yang dekat dengan lokasi ledakan, mengalami kerusakaan.


3. Indonesia urutan 97 negara yang aman dari pandemi Covid-19

Konsorsium perusahaan investasi internasional, Deep Knowledge Group merilis daftar terbaru 100 negara yang dianggap aman dari pandemi Covid-19. Indonesia berada di urutan ke-97 dari 100 negara yang dianggap aman dari pandemi virus corona.

Indonesia hanya berada tiga peringkat di atas Kamboja, Laos, dan Bahamas dalam daftar 100 negara teraman.

Swiss berada di urutan pertama negara yang paling aman dari pandemi. Jerman dan Israel berada di peringkat kedua dan ketiga.

Sementara negara tetangga seperti Vietnam dan Malaysia masing-masing berada di peringkat 20 dan 30. Peringkat terakhir, 200 ditempati oleh Sudan Selatan.

Vietnam dan Kepulauan Karibia jatuh dari peringkat meski dalam laporan resmi mencatat jumlah kasus Covid-19 sedikit. Deep Knowledge Group mengungkap alasannya karena dianggap tidak memiliki kemampuan mendeteksi dan sistem kesehatan yang baik.

[Gambas:Video CNN]

(ayp/ayp)

[Gambas:Video CNN]